Elearning | sumber: google

POCIMEDIA.COM | Perkembangan teknologi yang semakin maju, menjadikan hal-hal yang tadinya sulit dan membutuhkan waktu lama akan terasa lebih mudah dan cepat. Teknologi yang berkembang saat ini mencakup dari segala bidang kehidupan manusia, tidak pula juga dari dunia pendidikan yang saat ini sudah banyak berkembang.

Kegiatan belajar mengajar yang dahulu hanya dilakukan secara manual atau tatap muka pada sekolah formal, kegiatan belajar mengajar saat ini sudah jauh berkembang dengan banyaknya metode yang bisa dilakukan. Banyaknya metode yang dapat dilakukan, membuat dunia pendidikan lebih maju dan tumbuhnya generasi muda yang dapat berkontribusi baik bagi negara dan bahkan dunia.

Saat ini sudah banyak tersedia website yang ditujukan untuk dunia pendidikan. Bagi kamu yang akan dan berniat untuk mengikuti pelajaran di luar sekolah formal, website online bisa menjadi salah satu jalan yang baik dan mudah untuk dilakukan.

Berikut website online yang bisa kamu gunakan untuk belajar dalam mengembangkan kemampuan maupun skill diluar pelajaranmu.

1. Quipper School

Qupper

Untuk layanan belajar online yang satu ini, kurikulum yang diberlakukan sudah sesuai dengan kurikulum yang ada di Indonesia dan materi yang diberikan juga berbahasa Indonesia. Bagi kamu siswa sekolah menengah atas, ada ribuan materi yang ada pada Quipper School mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS yang diperuntukkan bagi kelas X,XI dan XII.

Kamu bisa mendapatkan materi dari kelas X sampai kelas XII. Bahkan Layanan e-learning ini bisa diakses secara gratis.Quipper terbagi menjadi dua bagian yaitu Q-Link untuk guru dan Q-Learn untuk siswa.

2. Edmodo

Edmodo | sumber: google

Edmodo memiliki pengertian yang sama dengan aplikasi virtual yang memiliki platform pembelajaran yang tidak lagi menggunakan media kertas. Pada Edomo memungkinkan guru untuk meberikan tugas maupun soal-soal kepada muridnya secara digital dan murid dapat berkomunikasi dengan lebih baik ketika mendapatkan pelajaran.

Selain guru dan murid proses belajar menggunakan Edmodo juga melibatkan orang tua sebagai pengawas, peran orang tua yang besar dalam pendidikan anak mereka, membuat aplikasi ini dibuat agar lebih bersahabat dengan orang tua. dan edmodo ini juga bisa diakses secara gratis.

3. Schoology

Schoology | sumber: google

Schoology adalah situs yang menggabungkan antara jejaring sosial dan LMS (Learning Management System). Jadi dengan Schoology kita bisa berinteraksi sosial sekaligus belajar. Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh Schoology adalah sebagai berikut:

  • Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk membuat kelas mata pelajaran, misal mata pelajaran Matematika, Fisika, dan lain sebagainya. Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle
  • Groups (Kelompok), yaitu fasilitas untuk membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di facebook.
  • Resources (Sumber Belajar)

4. Rumah Belajar (Kemendikbud)

Pada Website Kemdikbud ini, para guru dapat berkontribusi dalam membuat media pembelajaran sendiri yang nantinya akan ditampilkan pada portal rumah belajar ini. Materi yang dikembangkan antara lain latihan soal, budaya Indonesia, luar angkasa, teknologi dan juga laboratorium online. Selain itu kamu juga bisa menjadikannya sebagai sarana untuk belajar kelompok bersama teman-teman kamu.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here