foto : google

POCIMEDIA.COM | Padang – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumatera Barat pada kredit macet sektor mengalami peningkatan pada Triwulan II dari pada sebelumnya. Wahyu Purnama–Kepala Perwakilan Bank Indonesia Padang mengatakan, tingginya kredit macet itu sejalan dengan menurunnya perekonomian daerah sepanjang triwulan tersebut.

“Pada triwulan II 2019, ekonomi Indonesia tumbuh 5,05 persen atau turun triwulan I yang 5,07 persen,” katanya. Dilansir dari Prokabar, pada hari ini, Rabu (27/11). UMKM pada triwulan II 2019 secara agregat mengalami peningkatan dari 5,29 ke 5,32 persen, menurut catatan Bank Indonesia di kredit macet sektor (NPL). Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,03 persen.

Tak hanya itu, realisasi kredit UMKM juga tumbuh sebesar 12,80 persen atau senilai Rp19,13 triliun pada periode ini. Beliau juga menerangkan bahwa peningkatan pertumbuhan didorong kredit usaha golongan mikro dan kecil yang masing-masing tumbuh 13,04 persen dan 15,66 persen. Peningkatan ini berjalan seiring dengan aktivitas ekonomi di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. @beavinata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: