TURKI SIAP OPERASIKAN RUDAL S-400 ASAL RUSIA

foto : istimewa

POCIMEDIA.COM | Rudal S-400 yang dibeli dari Rusia, siap mengaktifkan sistem pertahanan Turki. Senjata pertahanan canggih ini akan diaktifkan ketika para personel militer Ankara merampungkan pelatihan.

“Setelah proses ini selesai, kami akan melakukan kegiatan yang direncanakan (pada S-400),” kata Akar–Menteri Pertahanan Turki dalam rapat dengan komite perencanaan dan anggaran parlemen Turki. Beliau juga mengatakan proses pengoperasian rudal tersebut sedang berlangsung. Dalam situasi ini, Turki mendorong Washington untuk menyingkirkan Ankara dari program konsorsium bersama jet tempur siluman F-35 pada bulan Juli.

Sementara AS berkeyakinan senjata Rusia tersebut dapat digunakan oleh Moskow secara diam-diam untuk mendapatkan perincian rahasia pada jet tempur F-35, serta senjata ini juga tidak kompatibel dengan sistem NATO. Namun dengan tegas Turki mengatakan bahwa senjata ini tidak ada kaitannya dengan sistem NATO. Demi menjawab tentang pasukan Suriah yang didukung Turki. Akar–Menteri Pertahanan Turki mengatakan pasukan Suriah bukan bagian dari kelompok apa pun, tetapi orang-orang yang setia dan bekerja untuk negara mereka.

“Sebagai hasil dari operasi kami, khayalan pembentukan koridor teror, negara teror diakhiri,” dikutip dari Anadolu, pada Jumat (22/11).

Sementara itu, Turki pada (9/10) sudah meluncurkan Operation Peace Spring untuk menumpas milisi YPG/PKK di Suriah utara. Namun akhirnya kesepakatan itu berakhir dengan persetujuan Turki untuk menghentikan operasinya di Suriah utara untuk memungkinkan milisi YPG/PKK untuk menarik diri dari zona aman yang direncanakan, tempat Turki ingin memulangkan jutaan pengungsi Suriah yang saat ini ditampung Ankara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: