foto: ade

POCIMEDIA.COM | Surabaya – Sistem operasi terpopuler di dunia saat ini boleh dibilang masih di pegang oleh Android. Sistem operasi Android saat ini semakin merajalela seiring jumlah Smartphone yang semakin melimpah.

Saat ini pasar sistem operasi mobile masih di kuasai Android dan IOS. Namun, jauh sebelum itu OS milik Microsoft, Windows Mobile, pernah punya pangsa pasar walau tak sebanyak Android dan IOS.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, mengungkapkan alasan windows mobile kalah berkembang dengan dua kompetitornya adalah masalah gugatan anti-trust (Monopoli) pada penghujung dekade 1990-an.

Dikarenakan hal tersebut, perhatian microsoft tidak sepenuhnya dapat fokus untuk pengembangan OS untuk mobile.

Microsoft mengubah nama windows mobile menjadi windows phone 7 yang hadir di sejumlah ponsel HTC pada periode 2010, dua tahun setelah smartphone Android pertama milik HTC diluncurkan. Meski hadir dengan desain baru yang segar, kehadiran windows phone 7 sudah terlambat. Perlahan tapi pasti, pangsa pasar mereka di ambil alih oleh IOS dan Android.

Tak lama, nasib windows phone 7 benar-benar hancur seperti blackberry.

Tumbangnya microsoft dalam persaingan di dunia mobile, menurut gates, merupakan kesalahan terbesarnya sepanjang berkiprah di perusahaan tersebut. @ade

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here