TAWON “NDAS” MEMBUAT WARGA KLATEN RESAH

foto : Istimewa

POCIMEDIA.COM | Klaten – Tawon Vespa Affinis atau biasa yang dikenal masyarakat dengan sebutan tawon ndas, menjadi momok bagi warga Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Keberadaan hewan tersebut cukup mengkhawatirkan, sebab sengatan tawon ini sangat berbahaya. Sudah cukup banyak jatuh korban di akibatkan sengatan tawon ndas. Dari kurun 2017 hingga November 2019 sudah ada 10 korban meninggal disengat tawon ini. Sedangkan, lebih dari 250 orang harus dirawat di rumah sakit akibat sengatan tawon tersebut.

“Dari data 2017 itu ada satu korban meninggal, 2018 ada tujuh korban meninggal dan 2019 ada dua korban meninggal karena sengatan tawon ini,” kata Kasatpol PP yang membidangi Damkar Klaten, Sugeng Haryanto ditemui dalam sosialisasi penatalaksanaan kasus sengatan tawon dan pemberantasan sarang tawon di Klaten, Jawa Tengah, Jumat (22/11/2019).

Menurut Sugeng, sudah ada 667 sarang tawon yang dimusnahkan di Klaten dalam kurun tahun 2016 hingga November 2019. Saat ini yang antre untuk permintaan pemusnahan sarang tawon lebih dari 40 tempat, sementara sarang tawon tersebar di 26 kecamatan di Kabupaten Klaten. Mengingat minimnya jumlah personel Damkar yang cuma berjumlah 27 orang, pemusnahan sarang tawon ndas tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Saat ini, pemusnahan sarang tawon di bantu relawan di setiap kecamatan. @ade

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*