SIAPKAN PEMBIAYAAN UMKM TETEN MASDUKI GANDENG GOJEK

sumber: google

POCIMEDIA.COM | Jakarta – Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Menkop UMKM) Teten Masduki menyiapkan pembiayaan baru bagi UMKM.

Salah satunya adalah dengan cara membentuk pola kemitraan dengan industri besar. Sehingga dengan kemitraan tersebut aman dihubungkan dengan sektor UMKM.

“Kemenkop dan UMKM sedang merancang bisnis dengan model kemitraan antara UMKM yang bermitra dengan usaha besar,” ujar Teten usai rapat terbatas di Kantor Presiden.

Dengan salah satu yang diajak untuk bertindak sebagai aviliasi yaitu Gojek. Teten bilang meminta perusahaan teknologi dan informasi tersebut untuk menjadi bagian dari mitra  UMKM.

Teten pun telah menambahkan bahwa Gojek bersedia menjadi bagian dari mitra bagi UMKM. Selama ini pun Gojek banyak dinilai untuk  membantu UMKM dengan memperluas pangsa pasarnya.

Setelah Gojek, Teten juga akan merangkul mitra usaha UMKM yang lain seperti Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak. Tidak hanya toko online saja tetapi kemitraan juga bisa dilakukan dengan industri ritel dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Dari sisi regulasi, keuangan, dan penjaminan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah siap. pada tahun 2020 sudah bisa jalan,” terang Teten.

Sehingga dalam pembiayaan yang baru dibutuhkan sebab akibat minimnya serapan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Masih banyak UMKM yang sulit untuk mengakses KUR.

Selain itu KUR hanya bersifat jangka pendek saja  yang digunakan untuk modal kerja. Padahal dengan adanya UMKM membutuhkan modal investasi agar usaha yang dilakukan bisa berkembang. (Abdul Basith)

sumber:kompas[dot]com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: