Pemaparan dari Pemenang Optimalisasi Lembaga Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) Fesyar Regional Sumatera 2019, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam

POCIMEDIA.COM – LAZ Batam memiliki model bisnis pemberdayaan ekonomi yang dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu kelompok mainland, hinterland, komunitas pesantren, dan individu. Terdapat beberapa jenis pelatihan yang dilakukan yakni pelatihan wirausaha dan pendampingan langsung oleh LAZ Batam. Adapun skema penyalurannya dilakukan dengan hibah langsung kepada penerima program melalui beberapa jalur pemasaran, antara lain Masjid Raya Batam, pasar basah, 212 mart, dan berbagai majelis taklim.

Salah satu usaha mikro binaan LAZ Batam adalah budidaya ikan nila dan gurame untuk 10 kepala keluarga di Tanjung Piayu, Batam dengan nilai bantuan sebesar Rp30 Juta. Pendampingan dilakukan hingga produk masuk ke pasar. Untuk budidaya ikan nila, nilai pendapatannya dapat mencapai Rp 30 juta untuk sekali panen (6 bulan). LAZ Batam juga melakukan pendampingan  pembuatan kue bolu pisang untuk salah satu pesantren di pulau galang, kepulauan Riau dengan nilai bantuan sebesar Rp10 juta. Usaha pesantren ini dapat memproduksi kue bolu pisang sebanyak 10.000 biji/bulan dengan nilai pendapatan sebesar Rp25 juta/bulan.

Pemaparan dari Pemenang Optimalisasi Lembaga Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) Fesyar Regional KTI 2019, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kalimantan Selatan

BAZNAS Kalsel memiliki target untuk melayani sekitar 23.000 mustahiq seluruh Kalimantan Selatan dengan tingkat efektivitas penyaluran sebesar 80% dari dana yang tersedia. Diharapkan penyaluran dana ini dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan sebesar 1%.

Terdapat 3 program utama Kalsel, yaitu:

  1. Ekonomi, dengan melayani mustahik bidang pemberdayaan ekonomi;
  2. Sosial, dengan melayani mustahik bidang kemanusiaan, kesehatan, dan pendidikan; dan
  3. Dakwah, dengan melayani mustahik bidang dakwah dan advokasi.

Program BAZNAS Kalsel memiliki fokus di bidang penyaluran ekonomi, seperti program pedagang BAZNAS untuk penduduk yang ingin memiliki usaha dan berdagang namun tidak memiliki modal yang cukup. Program penyaluran dana zakat juga dilakukan di bidang pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, advokasi dan dakwah, serta zakat community development.

Bantuan di bidang pemberdayaan ekonomi ditujukan bagi perorangan atau kelompok yang mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki dalam memenuhi kebutuhan dasar hidupnya sehingga tidak bergantung kepada orang lain. Untuk itu, BAZNAS Kalsel dalam upaya memandirikan penerima manfaat (mustahiq), membuat program penyaluran ZIS bidang pemberdayaan ekonomi secara komprehensif dalam rangka meningkatkan kualitas hidup mereka (mustahiq).

Skema bantuan untuk pemberdayaan ekonomi dari BAZNAS Kalsel meliputi bantuan modal usaha, peralatan usaha, perbaikan tempat usaha, dan pelatihan serta pendampingan usaha. Program dan skema bantuan tersebut dilakukan oleh BAZNAS Provinsi bekerjasama dengan BAZNAS Kabupaten Kota. Donasi dalam bentuk bangunan, barang, dan jasa dapat dilaksanakan oleh donatur melalui CSR sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati bersama. Program juga dapat dilaksanakan secara bersama-sama antara BAZNAS dengan donatur dan dipublikasikan sebagai program donatur.

Pemaparan dari Pemenang Optimalisasi Lembaga Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) Fesyar Regional Jawa 2019, Rumah Zakat Cabang Solo

Rumah zakat merupakan lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya, melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu:

  1. Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi)
  2. Senyum Sehat (kesehatan)
  3. Senyum Juara (pendidikan)
  4. Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan)

Tema program penyaluran Rumah Zakat Cabang Solo adalah Desa berdaya untuk Indonesia. Dengan tagline “Dari Desa Membangun Negeri”, Rumah Zakat saat ini memiliki program untuk menuju 5.323 desa berdaya sebagai alternatif solusi pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat di Indonesia. Dana zakat dikelola secara produktif untuk membantu desa berdaya, salah satunya adalah kelompok pengrajin kain lukis melalui Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMAS). BUMMAS menjadi wujud dari socio enterprise yang diinisiasi oleh Rumah Zakat dalam upaya memperkuat perekonomian masyarakat serta menjadi tulang punggung keberlanjutan program Desa Berdaya.

Salah satu contoh keberhasilan program tersebut dialami oleh Kelurahan Sangkrah. Rumah Zakat menginisiasi paguyuban pelukis dengan harapan keberadaan kampung lukis semakin maju. Tahun 2019, Kelurahan Sangkrah sudah siap menjadi desa mandiri. Hal tersebut terbukti dari sebagian penduduk desa yang sebelumnya mustahik (penerima zakat) sudah menjadi muzakki (pemberi zakat).

Rektor STEI Tazkia, Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc

Terdapat 6 prinsip pengelolaan wakaf yang dapat dikembangkan yaitu ekonomi, agama, target masyarakat, komunitas, orientasi, adab. Indonesia memiliki masalah dengan kemiskinan yang saat ini sudah berangsur-angsur mulai membaik. Di Pakistan terdapat banyak agenda untuk memberantas kemiskinan  dengan jumlah 30% dari total jumlah penduduknya. Salah satu negara yang memiliki sistem wakaf yang baik adalah Turki yakni melalui Sabanci Foundation, yang memiliki fasilitas pembiayaan kesehatan secara gratis.  Di Negara Malaysia melalui Waqaf An Nur  Corporation Berhad, pajak penduduknya dapat digantikan dengan zakat dan dikelola dengan sangat baik.

Model Pemberdayaan Wakaf di Indonesia

Di Indonesia, pemberdayaan wakaf berdasarkan komunitas. Pemberdayaan ini diharapkan mampu bersifat sustainable. Target utama adalah daerah yang rawan rentenir dan merubah karakternya dari miskin menjadi malu untuk meminta. Selain itu, salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah penertiban pencatatan untuk mengetahui perkembangan dari lembaga pemberdayaan wakaf dan  capacity building bagi para pendampingnya.

Acara Seminar dihadiri 200 peserta dari berbagai elemen masyarakat baik lembaga ZISWAF, koperasi pesantren, maupun akademisi berlangsung khidmat dan interaktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here