foto: ade

POCIMEDIA.COM | Surabaya – Umat Islam memperingati Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal yang kali ini bertepatan dengan Sabtu, 9 November 2019. Sejarah Maulid Nabi merupakan perjalanan penting dalam kehidupan Rasulullah dan juga agama Islam.

Peringatan Maulid Nabi selalu meriah, Seperti yang terjadi di Mushola Al Muhajirin Medokan Utara gang 22. Diadakan oleh pengurus Mushola Al Muhajirin, acara berlangsung cukup meriah dengan ditampilkan berbagai pentas seni seperti berpuisi, bernyanyi, dan bersholawat oleh santri/santriwati TPQ Al Muhajirin.

Tema yang di usung pun cukup menarik “ Tiga hal yang terjadi pada 12 Rabiul Awal”. kita ketahui selama ini bahwa tanggal 12 Rabiul Awal adahalah hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, Tapi ada dua kejadian lagi yang terjadi pada tanggal 12 Rabiul Awal. Seperti yang di katakan oleh Dr. H. Zainur Rozikin, MM., M.Pd dari Malang sebagai pengisi acara bahwa ada tiga hal yang terjadi di tanggal 12 Rabiul awal.

Peristiwa pertama adalah lahirnya Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad lahir dari ibu bernama Aminah dan ayah bernama Abdullah. Menurut riwayat, Nabi Muhammad lahir di Makkah pada hari Senin, 12 Rabiul Awal pada tahun pertama sejak peristiwa tentara bergajah atau Amul Fiil atau tahun 571 kalender Romawi. Pendapat lain juga menyebut Nabi lahir pada 9 Rabiul Awal. Namun, pendapat yang terkenal adalah pada 12 Rabiul Awal. Hal ini sesuai dengan Hadis Riwayat Muslim.

Peristiwa kedua Hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah menuju Madinah. Beliau mulai berhijrah meninggalkan Gua Tsur malam Senin tanggal 1 Rabiul Awal tahun I Hijriyah (16 September 622 M). Nabi SAW sampai di Quba’ hari Senin tanggal 8 Rabiul Awal tahun 1 H (23 September 622 M), lalu berdiam di sana selama empat hari, yaitu hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis. Nabi SAW selanjutnya memasuki Madinah hari Jumat tanggal 12 Rabiul Awal tahun 1 H. Dengan demikian, tanggal 12 Rabiul Awal itu adalah sampainya Nabi di Madinah.

Peristiwa yang terakhir atau yang ketiga adalah wafatnya Nabi Muhammda SAW. Nabi SAW wafat hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun 11 H. Wafatnya Nabi SAW ini menjadi pertanda lahirnya negara Khilafah Islam Rasyidah. Sebab pada hari yang sama, bahkan sebelum jenazah Nabi SAW dimakamkan, umat Islam telah membaiat Abu Bakar Shiddiq sebagai khalifah.
Betapa mulianya bulan Rabiul Awal dimana terdapat tiga peristiwa besar dalam sejarah islam.

Penyampaian materi yang santai dan penuh keakraban membuat semua yang hadir mampu menyerap ilmu yang di sampaikan. Tidak lupa di akhir acara panitia juga menyiapkan doorprize berupa kipas angin hingga membuat acara Maulid Nabi di Mushola Al Muhajirin semakin meriah. @ade

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here