sumber: google

POCIMEDIA.COM | Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyambut baik terkait tingginya minat pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mengisi formasi guru kelas. Hal tersebut diharapkan sebanding dengan kesungguhan para pelamar itu kelak menjalani profesi ini.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana mengatakan bahwa perlu keseriusan dalam mengemban tanggung jawab guru. Ade pun merespon positif tingginya animo para pelamar CPNS untuk formasi guru kelas untuk tahun ini. Tetapi dia menekankan bahwa menjadi guru harus sesuai dengan yang mereka cita-citakan

Meskipun demikian, ia berharap tingginya jumlah pendaftar bukan sekadar angka melainkan juga menunjukkan kesungguhan hati para calon guru kelas. Dia ingin yang mendaftar sebagai calon guru ini bukan pilihan alternatif untuk menjadi PNS tapi bersungguh-sungguh dalam mengamalkan ilmunya kepada peserta didik nantinya

“Jadi bukan karena alternatif tidak ada pekerjaan lain lalu mereka menjadi guru. Barangkali ini pula yang harus menjadi bahan evaluasi ke depan,”. Menurut dia, juga bisa dilakukan untuk meninjau tenaga-tenaga guru honorer. Mereka selama ini tetap bekerja dengan serius meski berpenghasilan rendah tiap bulan.

Ade juga menerangkan Kemendikbud saat ini tengah melakukan pembenahan internal dan perbaikan tata kelola pendidikan. Salah satunya soal kualitas guru. Selain pemerataan kompetensi, pada proses CPNS 2019, guru kelas jadi formasi kedua yang paling banyak diminati. Untuk tahun ini, formasi untuk guru kelas dibuka sebanyak 28.394.

Sumber: cnnindonesia[dot]com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here