SAFFRON, REMPAH MAHAL PENYEMBUH PENYAKIT

POCIMEDIA.COM – Saffron merupakan rempah-rempah kategori mahal yang memiliki banyak manfaat. Saffron Yang memiliki nama latin Crocus sativus L adalah ramuan pedas yang berasal dari (keluarga Iridaceae) dan tanaman ini adalah ramuan paling mahal di budidayakan di dunia. Asal kata Saffron berasal dari Perancis yaitu Safran yang berasal dari kata latin safranum. Dalam bahasa Hindi dikenal dengan nama Kesar. Orang-orang Bengali menyebutnya dengan nama Jafran, sementara dalam bahasa Tamil disebut sebagai Kumkumappu, Kumkuma pubba dalam bahasa Telugu serta Zaeafran dalam bahasa Arab.

Ada banyak ungkapan yang mengatakan bahwa, Saffron lebih mahal dari pada emas. Betapa tidak, harga per gram dari rempah ini bisa mencapai 800 ribuan. Menurut penuturan salah satu pengguna rempah ini yaitu Ryana, seorang staff pegawai di kabupaten Berau Kalimantan Timur pada 20/09/2019 mengaku bahwa untuk mendapatkan rempah ini merogoh uang sebanyak 600 ribu lebih, belum termasuk ongkir. Namun, walaupun mahal, khasiat dari rempah ini sangat banyak sekali sehingga para konsumen tidak pernah merasa rugi akibat dari manfaatnya.

Kandungan Saffron yang sangat kaya akan mangan, dapat membatu mengatur gula darah dan membantu tulang, jaringan dan hormon seks. Rempah ini juga mengandung vitamin C yang dapat melawan infeksi dan membantu penyerapan zat besi. Lebih menarik lagi, Saffron mengandung lebih dari 150 senyawa yang mudah menguap. Saffron jika dikombinasikan dengan susu memiliki khasiat yang luar biasa. Di antaranya dapat meningkatkan pencernaan dan nafsu makan, menjaga kulit tetap sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh. Meminum ramuan ini setiap hari, terutama sebelum tidur, dapat meningkatkan kualitas tidur dan terhindar dari Insomnia.

Dalam riwayat hadist dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah Shallalahu Alaihi Wa Sallam bersabda, “Bidadari yang bermata jeli diciptakan dari za’faran,”. Hadist yang sejenis tersebut juga diriwayatkan Ath Thabrani. Jika di nukil dari pendapatnya Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu bahwa jika kamu memakan dua helai saffron setiap hari dicampur sama madu, maka kamu akan memiliki kecerdasan mengagumkan sampai-sampai dikira kamu memiliki ilmu sihir. Sungguh luar biasa manfaat dari saffron, rempah termahal namun banyak manfaat. @samsul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here