POCIMEDIA.COM | Kisaran – Rukis atau Rujak Rohis adalah rujak ulek milik Rohis Ar-Rahman SMA Negeri 1 Pulau Rakyat. Rujak ini sebenarnya sama seperti rujak pada umumnya, bahan dasamya pun sama, yang membedakannya adalah proses pembuatan bumbunya, yaitu dengan cara di ulek ala tradisional. Rujak ini hasil inisiatif anak Rohis yang ingin memajukan Rohis Ar-Rahman menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Rukis yang dijual dengan harga Rp. 5.000,- per bungkus ini, hanya ada pada hari Sabtu saja. Itupun tepat di jam istirahat, yakni pukul 09.30 – 09.45 WIB. Jika lewat dari jam tersebut, biasanya Rukis sudah tidak ada lagi karena sudah habis terjual, apalagi Rukis hanya tersedia tidak lebih dari 30 bungkus. Jadi, untuk mencicipi Rukis ini kita hanya dapat melakukannya sekali saja dalam seminggu.

Pada awalnya Rukis ini tidak secara terang-terangan dijual di depan umum seperti pada gambar. Dulu, Rukis hanya ditawarkan dari kelas ke kelas dengan jadwal anggota yang sudah ditentukan. Namun dengan waktu istirahat yang relatif singkat, sering kali Rukis tidak habis terjual, karena untuk berkeliling kelas saja membutuhkan waktu yang sangat lama dan cukup melelahkan. Setelah beberapa pertimbangan, anak Rohis meminta izin dari pembina Rohis untuk menjualnya di depan umum, tepatnya di depan kelas XII-IIS3. Hal itu untuk menghemat waktu yang ada dan agar tidak mengganggu waktu belajar.

Penjualan Rukis ini sendiri sebenarnya mendapat respon negatif dan positif dari para guru SMA Negeri 1 Pulau Rakyat. Salah satu respon negatifnya adalah ingin menghentikan penjualan Rukis dikarenakan dapat mengganggu jam belajar, namun itu bertolak belakang karena Rukis sendiri dijual dengan memanfaatkan waktu istirahat yang ada. Akan tetapi bagi yang menanggapinya secara positif, mereka akan ikut membeli Rukis tersebut dengan memesannya terlebih dahulu. @muning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here