foto : google

POCIMEDIA.COM | Jakarta – Harga emas dan perak turun dan menyentuh kerendahan harian yang baru pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Selasa, dengan rally pasar saham dunia membuat indeks saham AS membukukan rekor ketinggian yang lebih tinggi semalam membuat permintaan metal “safe-haven” tertekan.

Emas berjangka bulan Desember terakhir turun $14.20 per ons pada $1,497.00. Harga perak Comex bulan Desember terakhir turun $0.201 pada $17.87 per ons.

Indeks saham Asia dan Eropa kebanyakan naik di dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik dan ketinggian yang baru sepanjang masa ketika sesi perdagangan New York dimulai.

Sentimen resiko dunia tetap bagus ditengah pandangan AS dan Cina sudah dekat dengan kesepakatan perdagangan sebagian yang disebut “fase 1”. Ada laporan Cina sekarang sedang mendorong AS untuk mengurangi lebih banyak tarif atas impor Cina, dengan Amerika Serikat kemungkinan menyetujui hal tersebut agar kesepakatan dapat di tandatangani.

Potensi titik panas geopolitik juga bertambah tenang selama minggu-minggu terakhir termasuk Timur Tengah. Hal ini juga membuat pasar emas dan perak menjadi “bearish”.

Secara tehnikal, obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,465.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,490.00 dan $1,483.10. Sedangkan obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1.525.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,511.90 dan kemudian $1,517.10. @badai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here