SEA GAMES 2019 | Sumber: google

POCIMEDIA.COM | Saat SEA Games berlangsung, Otoritas Filipina yang mengurusi lalu lintas, Metropolitan Manila Development Authority (MMDA), berniat melakukan penutupan pusat perbelanjaan, sekolah, dan kampus, yang berada di jalan-jalan protokol Manila.

Upaya itu dilakukan untuk mencegah kemacetan yang berpotensi mengganggu penyelenggaraan SEA Games 2019. Juru bicara MMDA, Celine Pialago, mengaku sudah menyiapkan proposal rekomendasi terkait rencana tersebut. Nantinya, proposal tersebut tinggal menunggu restu dari Presiden Rodrigo Duterte.

Sebanyak tujuh sekolah yang direkomendasikan untuk diliburkan adalah yang berlokasi di Stadion Rizal Memorial. Seperti diketahui, stadion tersebut akan menggelar pertandingan dari cabang olahraga sepak bola.

Jalanan protokol di Manila dikenal memiliki kemacetan pada jam-jam tertentu. Mengacu pada aplikasi navigasi lalu lintas, Waze, dibutuhkan hampir 5 menit untuk menempuh jarak 1 kilometer di jalanan kota Manila.

Sebelumnya, MMDA juga sudah mengeluarkan aturan larangan melintas buat truk dan kendaraan berat di jalanan prokol Manila. Upaya itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan yang bisa menghambat mobilitas atlet ke venue pertandingan selama SEA Games 2019.

Selain masalah kemacetan lalu lintas, kurang meratanya jaringan telekomunikasi di venue pertandingan menjadi pekerjaan rumah Filipina jelang SEA Games 2019. Infrastuktur jaringan telekomunasi yang belum menjangkau semua venue menjadi permasalahan yang hadapi.

Sumber: kompas[dot]com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here