Sumber: google

POCIMEDIA.COM | PT Hutchison 3 Indonesia mengaku belum tertarik untuk mengimplementasikan teknologi VoLTE dalam waktu dekat. Perseroan menilai layanan suara melalui internet protokol atau VoIP masih mumpuni.

Wakil Direktur Utama PT Hutchison 3 Indonesia Danny Buldansyah menjelaskan umumnya VoLTE digunakan oleh operator seluler yang hanya memiliki jarignan 4G. Adapun bagi operator seluler yang memilki jaringan 3G dan 2G, masih akan memanfaatkan teknologi jaringan non 4G beberapa tahun ke depan.

“Karena buat apa [pakai]. VoLTE bagus untuk orang yang hanya memiliki 4G. karena layanan suara itu tidak di jaringan 3G mereka,” kata Danny kepada Bisnis.com, Selasa (22/10/2019).

Danny menambahkan meski 3 Indonesia belum menggunakan VoLTE, namun dia mengakui bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh VoLTE sangat bagus.

Danny menjelaskan untuk mengimplementasikan VoLTE hakikatnya tidak terlalu sulit, cukup meningkatkan sejumlah perangkat lunak yang dimiliki perseroan.

Hanya saja, salah satu kendala untuk memonetisasi teknologi ini adalah kekosongan payung hukum. Kementerian Komunikasi dan Informatika belum mengeluarkan regulasi mengenai interkoneksi VoLTE.

“Belum ada regulasi interkoneksi, kalau ada yang menggunakan teknologi ini masih On-nett,” kata Danny.

Danny mengatakan antara VoLTE dan telepon melalui aplikasi whatsapp berbeda. VoLTE masuk dalam kategori jaringan yang disediakan oleh operator atau native, sedangkan telepon whastapp layanannya disediakan oleh penyedia aplikasi over-the-top.

Sumber: detik[do]com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here