foto: istimewa

POCIMEDIA.COM | Palembang – Guru besar Universitas Sriwijaya bidang ilmu kimia lingkungan, Prof Dr Dra Poedji Loekitowati M.Si. yang baru di kukuhkan berharap kedepannya akan terus mengatasi permasalah terkait lingkungan dengan teknologi dan akan terus mengembangkan disertasinya dalam teknologi nano magnetik untuk pengelolaan limbah di wilayah Sumatra Selatan.

Menurut Prof Poedji, pasalnya masih banyak sekali yang belum tergali dalam teknologi nano magnetik ini, apalagi banyak preity songket, jumputan itu sangat potensi sekali kalau digunakan.
dengan teknologi. Dirinya menjelaskan nano magnetik itu adalah sebuah teknologi yang ukuran materialnya kurang dari 100 nano meter.

“Jadi kalau materil ukurannya kecil, sifatnya akan berbeda dengan ketika dia dalam keadaan biasa, sehingga itu bisa digunakan untuk mengolah limbah cair, baik limbah organik maupun non organik,” jelasnya usai dikukuhkan sebagai guru besar Universitas Sriwijaya, jumat (29/11/2019).

Ia juga menerangkan bahwa teknologi tersebut, tidak perlu lagi penyaringan karena materialnya bersifat magnetik, dalam waktu sekejap bisa dipisahkan, setelah meyerap limbah sendirinya akan memisahkan dari larutan menggunakan magnet permagnet dari luar.

“Nah teknologi ini disebut teknologi nano karena materialnya sangat kecil kemudian bisa dipisahkan dari larutan sudah diolah dalam waktu yang cepat sekali. Saya akan tetap konsisten terhadap permasalahan-permasalahan lingkungan, sebagaimana upaya mengolah limbah dengan teknologi tinggi yaitu nano magnetik,” ungkapnya mengakhiri. @Nopri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here