foto : istimewa

POCIMEDIA.COM | Palembang – Dalam rangka meningkatkan kemampuan fisik untuk mendukung kelancaran tugas pokok di satuan, Komando Resor Militer 044/Garuda Dempo menggelar rangkaian kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik II Tahun 2019. Kegiatan ini diselenggarakan di Lapangan Yonif Raider 200/BN Jl. TPA Syopian Kenawas Kel. Gandus Kec. Gandus Kota Palembang, Kamis (21/11/2019).

Kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik II Tahun 2019 ini diikuti oleh seluruh personil Makorem Gapo beserta jajarannya, baik yang berpangkat Perwira, Bintara dan Tamtama. Sebelum kegiatan Samapta dimulai, apel pengecekan diambil oleh Kajasrem 044/Garuda Dempo Kapten Inf Hasidin, mengatakan, kesegaran jasmani ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan kesamaptaan jasmani seorang Prajurit secara berkala.

“Selain itu Garjas Periodik ini juga bertujuan untuk pengambilan daftar nilai bagi prajurit yang akan melaksanakan UKP periode 1 April 2020. Secara umum, Garjas ini sendiri bertujuan untuk membina kesamaptaan anggota, untuk mendukung tugas pokok sehari hari di lapangan, terlebih bagi anggota kewilayahan terutama para Babinsa,” ujarnya.

Para Babinsa mempunyai tugas yang sangat banyak di kewilayahan, dan terkadang sampai kelupaan akan berolah raga untuk menjaga kebugaran tubuhnya. “Untuk itu perlu menjadwalkan berolah raga yang teratur guna menjaga dan membina fisik agar tetap dalam keadaan sehat dan kuat,” tambah Hasidin.

Sebelum pelaksanaan tes Kesamaptaan Jasmani terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan kesehatan awal, seperti cek tensi/tekanan darah oleh Tim Kesehatan dari Denkesyah Palembang. Pengecekan kesehatan awal ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui kesiapan bagi yang akan mengikuti kegiatan kesamaptaan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terutama bagi personil yang terindikasi punya gejala penyakit jantung.

Kajasrem juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Garjas periodik ini, para anggota agar melaksanakan sesuai dengan kategori umur masing-masing, syarat kelulusan dalam Garjas A dan B nilai minimal 51.Tuntutan nilai untuk batas minimal 51 sesuai kategori umur masing masing.

Dalam pelaksanaan kegiatan Garjas ini utamakan faktor keamanan terlebih dahulu dan apa bila mempunyai kemampuan lebih, silahkan maksimalkan kemampuan fisik yang dimiliki untuk memperoleh nilai yang tinggi.

Kegiatan kesamaptaan Jasmani ini terdiri dari Samapta A Lari dengan waktu 12 Menit sesuai dengan peraturan yang baru bukan menggunakan lagi jarak tempuh 3.200 Meter dan Samapta B berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges, Shuttle Run dan renang ketangkasan jarak 50 meter.

“Harapan kita semua rangkaian kegiatan kesamaptaan ini semua berjalan dengan baik, tertib dan aman,” kata Hasidin mengakhiri penjelasannya. @Nopri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here