PISANG DAN BERAGAM MANFAATNYA

foto: ilustrasi

Siapa yang tidak kenal buah satu ini? Buah kuning yang sangat mudah ditemukan di Indonesia, mulai dari supermarket hingga pasar tradisional, bahkan diperkarangan rumah sekalipun.

Di Indonesia, terdapat lebih dari 230 jenis pisang. Di antara jenis pisang tersebut ada beberapa yang tidak layak untuk dikonsumsi, seperti Pisang Abaca (Musa textilis), Pisang Hias (Heliconia), dan Pisang Kipas (Revenala Madagascariensis). Sedangkan jenis pisang yang biasa dikonsumsi adalah jenis Pisang Raja (Sereh, Bulu, Molo, Uli), Pisang Tanduk, Pisang Mas, Pisang Lampung, Pisang Lumut, dll.

Buah pisang dapat disantap langsung dan juga dikelola menjadi berbagai aneka makanan atau minuman. Olahan makanan yang berbahan dasar pisang memang cukup beragam, seperti Pisang Rai, Nugget Pisang, Bola-bola Pisang, dsb. Sedangkan untuk minuman, salah satunya adalah Banana Daiquri.

Selain itu, ternyata pisang memiliki segudang manfaat dan nutrisi yang baik bagi tubuh, yakni: menyeimbangkan gula darah, mendukung kesehatan jantung, menurunkan berat badan, mencegah asma, sumber energi, mengatasi anemia, baik bagi ibu hamil, menyembuhkan luka bakar, mempercantik kulit, memperkuat tulang, mengatasi depresi, mengatasi mood, menurunkan hipertensi, membuang racun, mencegah kram otot, mengatasi sembelit, mencegah kanker ginjal, meredakan sakit maag, dan pemulihan setelah berhenti merokok.

Bukan hanya pisang yang sudah matang saja yang memiliki beragam manfaat, ternyata pisang yang masih mentah atau pisang yang berwarna hijau juga memiliki sejumlah manfaat, diantaranya yakni: membantu pencernaan, mencegah dan mengobati diare, meningkatkan metabolisme, menurunkan berat badan, mempromosikan pengembangan bakteri probiotik, meningkatkan penyerapan nutrisi, mengatur tekanan darah, menjaga fungsi ginjal, dan penting untuk rambut serta kulit.

Buah pisang yang lezat ini memang cukup banyak diminati semua kalangan masyarakat. Dilihat dari jumlah manfaat, peluang bisnis yang dapat dibuka, dan terlebih lagi harga pisang yang cukup terjangkau, inilah mengapa tingkat konsumsi pisang di Indonesia sangat tinggi.

 

Penulis : Witama

Editor : Ade

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: