foto: istimewa

POCIMEDIA.COM | Palembang – Korem 044 Garuda Dempo (Gapo) menyelenggarakan kegiatan bhakti sosial (Baksos) dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 74, yang mana sebelumnya familiar dengan sebutan Hari Juang Kartika.

Hari juang Kartika ini merupakan cikal bakal Infanteri perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin oleh Jendral besar Sudirman pada pertengahan Desember 1945 membuat tentara sekutu terjepit dan akhirnya mundur dari Ambarawa menuju Semarang.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai hari Infanteri. Hari Infanteri kemudian diganti menjadi hari Juang Kartika, dan kini berdasarkan Keputusan Kepala Satuan Angkatan Darat (Kasad) Nomor : Kep/1000/X/2019 Tanggal 29 Oktober 2019 ditetapkan 15 Desember sebagai Hari Juang Tentara Nasional Angkatan Darat.

Baksos ini merupakan wujud kemanunggalan TNI AD kepada rakyat dengan pembagian sembako kepada 1.500 orang prasejahtera dan pengobatan umum, khitan masal, operasi bibir sumbing.

Kegitan ini berlangsung meriah dihadiri Iangsung Pangdam ll/Swj Mayjen TNI lrwan, Kasdam Il/Swj Brigjen TNI Syafrial, Danrem 044/ Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono, Waka Polda Sumsel dan Gubernur Sumsel yang di wakili Asinten I serta Dandim 0418 Palembang.

“Harapan saya masyarakat berobat tidak sulit,” ujara Pangdam
di gedung serbaguna Graha Patria Kalidoni, Kamis (12/12/2019)

Danrem 044 Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono, mengucapakan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu terlaksananya kegitan ini. “Mohon maaf bila ada kekurangan dalam kegitan Baksos kali ini,” ungkapnya.

Nurul Huda (32) Salah satu warga Lorong Sungai Rumput Laut Rt. 05 Kelurahan 11 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II, Kota Palembang, mengukapkan rasa terimakasih kedapa TNI AD jajaran Kodam II Sriwijaya khusunya Korem 044 Gapo. “Alahamdulillah saya mendapat undangan melalui Babinsa setempat dan bersyukur dengan adanya kegitan ini mendapat sembako serta anak saya juga di khitan secara gratis,” ucapnya.

 

Penulis: Nopri

Editor: Ade

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here