PENANGKARAN BUAYA ASAM KUMBANG, MEDAN

POCIMEDIA.COM | Medan, Penangkaran Buaya Asam Kumbang merupakan taman penangkaran reptile buaya terbesar, bukan hanya se-Medan dan se-Indonesia, namun juga terbesar di Asia Tenggara. Taman yang memiliki luas 2 hektar ini, terdapat sekitar 3.000 buaya dengan berbagai jenis, ukuran, dan umur.

Menurut sejarah, penangkaran yang berada di Jl. Bunga Raya 2 No. 54 Sunggal, Kel. Asam Kumbang, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara ini telah didirikan sejak tahun 1959 oleh Lo Than Mok, bersama istrinya yang mengambil buaya dari rawa-rawa yang ada di sekitar Medan.

Beriring berjalannya waktu, penangkaran ini berkembang lumayan cepat dari tahun 1960-an hingga kemudian diputuskan menjadi objek wisata yang dibuka untuk umum. Hebatnya penangkaran sebesar ini tidak dikelola oleh pemerintah atau perusahaan melainkan oleh swasta perorangan, padahal diperkirakan biaya perawatannya cukup besar. Dalam setiap harinya, makanan yang dihabiskan buaya-buaya ini dapat mencapai 1 ton daging.

Di dalam Penangkaran Buaya Asam Sumbang ini Anda tidak hanya disuguhi oleh ribuan buaya saja, namun Anda juga dapat melihat beberapa binatang lainnya, yakni ular Phyton, ular cobra, monyet, kura-kura, dan penyu, di kebun binatang mini yang berada tepat di dalam penangkaran ini.

Untuk Anda yang ingin berkunjung, Anda cukup membeli tiket masuk seharga Rp 6.000/orang. Tempat ini buka pada pukul 08.00-17.00 WIB. Bagi Anda yang ingin melihat buaya-buaya berebutan makanan, Anda dapat memberi makanan kepada buaya-buaya tersebut dengan membeli bebek dengan harga Rp 30.000. @witama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here