POCIMEDIA.COM|Jakarta,Pemerintah mencari cara untuk meningkatkan investasi di dalam negeri. Pasalnya banyak investor yang memilih negara lain ketimbang Indonesia, misalnya Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Yang membuat penurunan bagi investasi di indonesia.

Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan, masalahnya logistik Indonesia lebih mahal dibandingkan negara-negara tetangga., Program tersebut meliputi penggalangan kapal, pembongkaran, penimbunan di pelabuhan, perizinan dari Ditjen Bea Cukai maupun dari pihak karantina. Kemudian juga pengintegrasian di transportasi, sehingga nantinya transportasi yang datang ke pelabuhan harus sudah tahu apa yang bakal dia angkut serta jadwalnya.

Pemerintah pun mencoba menyempurnakan Kawasan Berikut menjadi Kawasan  Mandiri. Melalui itu, kegiatan yang sebelumnya ditangani langsung oleh Bea Cukai akan diurus secara mandiri oleh perusahaan. Hal itu meliputi pelayanan rutin atas pemasukan barang yang terdiri dari pengecekan kebenaran sarana pengangkut serta kesesuaian, dan keutuhan tanda pengaman.

Berikutnya adalah pelepasan tanda pengaman, pemantauan pelaksanaan stripping, serta pengeluaran barang yang terdiri dari pemantauan pelaksanaan stuffing barang, pelekatan tanda pengaman, dan pengecekan saat keluar barang termasuk saat ekspor dilakukan secara mandiri oleh perusahaan penerima fasilitas atas persetujuan Bea Cukai.
Bea Cukai memastikan aktivitas tersebut akan tetap diawasi secara ketat. Diharapkan dengan cara-cara tersebut Indonesia bisa bersaing dengan negara lain dalam mengundang investasi
Sumber: detik [dot]com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here