MIE GOMAK, SPAGHETTI KHAS BATAK TOBA

sumber : istimewa

POCIMEDIA.COM | Pernah mendengar Mie Gomak? Ya, Spaghetti Batak yang mirip dengan spaghetti dari Italia dengan bentuk mirip seperti mie lidi. Bagi masyarakat Sumatera Utara Mie Gomak mungkin sudah tidak asing lagi, karena mie tradisional ini banyak dijual di rumah makan di Sumatera Utara, terutama di warung pinggir jalan sepanjang Siantar, Parapat, Balige, Labuhan Batu, Sibolga sampai Tapanuli.

Mie Gomak yang merupakan makanan khas tanah Batak Toba ini memiliki banyak sekali menu, yakni Mie Gomak Kuah, Mie Gomak Goreng sampai Mie Gomak Bumbu Kacang. Namun, sabelum membuatnya menjadi beberapa menu, mie tersebut direbus hingga al dente, kemudian ditiriskan air rebusannya sembari menunggu persiapan bumbu masak khas lidah orang Toba, yakni Andaliman (merica orang Batak), inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari makanan ini karena menciptakan rasa pedas yang cetar membahana.

Jika bicara mengenai asal-usul sebutan makanan khas Batak ini terdapat beberapa versi, ada yang mengatakan karena dalam proses penyajiannya mie tersebut digomak-gomak (memegang/menngambil) menggunakan tangan. Ada juga yang mengatakan ketika makan orang Batak Toba menggomaknya pakai tangan tanpa menggunakan sendok, karena menurut adat, makan menggunakan sendok itu tidak sopan apalagi di depan orang yang lebih tua atau para tetua adat.

Untuk bisa menikmati satu porsi mie gomak, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, karena mie gomak dihargai mulai Rp5 ribu per porsinya. Jadi, dengan harga yang bersahabat tersebut Anda sudah dapat menyantap warisan kuliner khas Toba yang menjadi sarapan wajib bagi orang Batak Toba. @sam_witama

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*