Johnny G. Plate | Sumber: google

POCIMEDIA.COM | Johnny G. Plate, sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika,  mengajak masyarakat untuk memanfaatkan infrastruktur digital pendukung smart city yang dibangun Kemkominfo untuk hal-hal positif.

Johnny mengatakan, seluruh kementerian terkait mendukung berkembangnya kota dan kabupaten yang menerapkan smart city.

Khusus Kemkominfo, dukungan diberikan dalam bentuk infrastruktur seperti pembangunan backbone serat optik, BTS di daerah untuk internet, sampai rencana peluncuran satelit multifungsi (Satria).

Johnny juga menyebut, pemerintah akan berupaya menjaga agar pembangkangan sipil (civil disobedience) bisa ditangani dengan cepat untuk mencegah kekacauan.

Menteri yang juga politikus dari partai Nasdem ini mengatakan, infrastruktur digital dibangun untuk mengajak masyarakat Indonesia maju secara cepat, agar setara dengan bangsa-bangsa lainnya.

Sekadar informasi, sebelumnya pemerintah pernah menghentikan akses internet di Papua dan Papua Barat karena internet digunakan untuk menyebarkan hoaks dan propaganda yang menyebabkan konflik di sana.

Pemerintah menghentikan akses internet di Papua dan Papua Barat selama kurang lebih tiga minggu dari 21 Agustus sampai 29 September 2019.

Saat itu pemerintah berdalih internet telah dipakai untuk menyebar hoaks di media sosial sehingga membuat konflik kian meluas.

Pembukaan akses internet pun dilakukan secara bertahap, mengingat belum sepenuhnya situasi di Papua dan Papua Barat kondusif.

Belakangan setelah Menkominfo Johnny G Plate dilantik, dirinya juga menekankan agar masyarakat tidak menyebarkan hoaks lewat media sosial. Jika tidak, internet mungkin bakal diblokir kembali.

Sumber: kompas[dot]com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here