Sumber: google

POCIMEDIA.COM | Ibarat lidi, sebatang lidi tidak akan kuat jika harus menyapu satu botol bekas, namun saat lidi disatukan dengan lidi-lidi lainnya kemudaian diikat menjadi sebuah sapu, maka banyak sampah yang dapat dibersihkan oleh sapu lidi tersebut.

Begitu juga pohon, sebatang pohon memiliki sajuta manfaat bagi mahluk hidup disekitarnya, maka saat pohon menjadi hutan, akan memiliki filosofi yang semaikin tinggi yaitu sebagai paru-paru dunia. Namun paru-paru bisa rusak jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik.
Boleh jadi itulah yang saat ini terjadi pada hutang di Indonesia ketika filosofisnya kian hari kian menurun.

Pengelolaan hutan Indonesia selama ini kurang memperhatikan hakekat yang terkandung pada filosofinya, sehingga kelestarian lingkungan hidup menjadi terganggu, akibatnya hutan di Indonesia mengalami degradasi yang sangat parah.

Penebangan hutan selain merusak fungsi hutan juga merusak seluruh ekosistem yang ada didalamnya, akibatnya banyak binatang yang tergusur, bahkan banyak di antara mereka mati karena tidak menemukan tempat baru yang cocok bagi kelestarian hidup mereka. Sebagian yang lain masuk dan menganggu ketentraman masyarakat yang tiggal dekat hutan, dan yang lebih parah lagi, saat mereka masuk dan mengganggu masyarakat kita semua menyalahkan mereka, dan bahkan tega menyakiti dan membunuhnya.

Hal tersebut makin diperparah dengan masih seringnya kebakaran hutan di Indonesia pada saat musim kemarau, tidak tanggung-tanggung hutan yang terbakar mencapai puluhan hektar luasnya, dan sering menjadi soroan dunia internasional, sebab dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan tersebut sangat besar, antaralain, pencemaran udara, gangguan pernafasan, jarak pendang terhalang oleh asap dan juga gangguan pada sistem penerbangan.

Oleh karena hutan memiliki fungsi yang sangat besar bagi kehidupan, mari mulai saat ini kita tergerak untuk menjagan dan merawatnya, dengan cara memanfaatkan hutan dengan sewajarnya, melakukan tebang pilih, menanam pohon pada lahan hutan yang gundul dan jangan lakukan ilegalloging.

@Muhammad Munzadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here