MASJID RAYA MEDAN (MASJID RAYA AL-MAHSUN) SUMATERA UTARA

POCIMEDIA.COM | Medan – Masjid Raya Medan atau di kenal juga dengan Masjid Al-Mahsun adalah salah satu bangunan tertua yang ada di Kota Medan. Masjid ini berlokasi di Jl. Sisingamangaraja No. 61, Medan Kota, Sumatera Utara. Luas bangunan masjid ini berkisar 5000 m2 dan dibangun di atas lahan seluas 18.000 m2. Pembangunan masjid ini memakan waktu selama 3 tahun, yakni pada 21 Agustus 1906 (1 Rajab 1324 Hijriah) ditandai dengan peletakan batu pertama, dan selesai dibangun pada 10 September 1909 (25 Syaban 1329 Hijriah).

Masjid Al-Mahsun ini merupakan salah satu peninggalan seorang Sultan Deli di Sumatera Utara yang bernama Sultan Ma’moen Al Rasyid Perkasa Alam (1873 – 1924), yang memiliki nilai sejarah tinggi serta sangat monumental. Arsitekturnya sendiri terbilang begitu unik, yakni memadukan gaya Mughal (India), Eropa (Spanyol), dan Melayu. Hal ini terlihat dari pintu kayu yang dicat biru dan kuning. Sedangkan warna kuning itu sendiri menyiratkan melayu karena Sultan Deli merupakan orang Melayu. Kemudian dapat dilihat juga bagian pintu-pintunya terdapat ornamen Spanyol yang melengkung dan kaca patri besar berwarna-warni. Sedangkan pada dinding-dindingnya terdapat ornamen bermotif ala India.

Pada awal pendiriannya, masjid Al-Mahsun ini menyatu dengan kompleks Istana Maimun. Sebab itulah, kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Istana Maimun tanpa singgah ke Masjid Raya Medan ini. Wisata religi yang berbentuk persegi delapan serta empat serambi yang paling utama di bagian depan, belakang, dan di samping kiri dan kanan. Keempat serambi itu menjadi pintu masuk ke masjid ini. Dibagian dalam, ada 8 pilar berdiameter 0,60 m yang menyokong kubah paling utama di bagian tengah. Sedang 4 kubah yang lain ada di atas keempat serambi. Ada juga dua menara di samping kiri dan kanan sisi belakang masjid ini.

Sejak dibangun pada zaman dahulu hingga saat ini, masjid tersebut belum pernah sama sekali direnovasi, hal itulah yang menjadi keunikan tersendiri bagi Masjid Raya Medan ini. Meskipun usianya sudah tua, Masjid ini masih berdiri dengan kokohnya. Masjid Raya Medan ini bahkan menjadi pusat kegiatan umat Islam di Kota Medan dan sekitarnya. Selain itu, banyak wisatawan dari luar kota serta berbagai penjuru tanah air yang tertarik datang ke masjid ini untuk melihat kemegahan desain arsitekturnya yang unik. Hal inilah yang menyebabkan Masjid Raya Medan menjadi ikon kota Medan. @sam_witama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here