sumber : google

POCIMEDIA.COM | Kisaran – Masjid Agung H. Ahmad Bakrie adalah masjid agung yang terletak di Kisaran Kota, tepatnya di Jln. Lintas Sumatera, Desa Sidomukti, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Kondisi masjid ini berada tepat di seberang Komplek Kantor Bupati Kabupaten Asahan dan bersebelahan dengan Alun-Alun kota Kisaran. Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 4 hektar, yang merupakan tanah Hak Guna Usaha (HGU) yang dimiliki PT. Bakri Sumatera Plantation (BSP) yang kemudian diwakafkan untuk pembangunan masjid.

Nama masjid ini sendiri merupakan suatu bentuk penghormatan kapada mendiang ayah dari Abu Rizal Bakrie, yakni H. Ahmad Bakrie. Masjid Agung H. Ahmad Bakrie dibangun pada tahun 2011 silam dengan ditandai peletakan batu pertamanya oleh Abu Rizal Bakrie, dan resmi digunakan sebagai tempat ibadah pertama kali pada Rabu 5 Agustus 2015, bertepatan dengan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Utara. Pembangunan masjid ini diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp68 miliar, yang didanai oleh pemerintah Asahan dari dana APBD (Anggaran Pembangunan Daerah).

Masjid H. Ahmad Bakrie atau dikenal juga sebagai masjid terbesar dan termegah di daerah Sumatera Utara ini, memiliki arsitektur mirip Taj Mahal yang ada di India yang dibangun dengan 3 lantai, yakni lantai 1 digunakan sebagai tempat wudhu dan kantor pengurus masjid, selanjutnya lantai 2 dan 3 digunakan sebagai ruang sholat utama. Di lantai 2 inilah ciri khas melayu dapat terlihat sekali.

Berdasarkan informasi yang didapat, ternyata rencana pembangunan masjid ini sudah lama digaungkan, namun mengalami beberapa pro dan kontra. Seiring berjalannya waktu, akhirnya Masjid H. Ahmad Bakrie ini dapat berdiri kokoh, mewah, megah, dan indah di Kota Kisaran. Hal inilah yang menjadi ikon dan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Asahan. @muning

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here