Sumber: google

POCIMEDIA.COM | Mengantuk adalah sifat alamiah manusia, namun jika setiap hari mengantuk meskipun telah tidur cukup selama 6-8 jam di malam hari. Hal tersebut menandakan tubuh kita mengalami masalah. Inilah 5 penyebabnya.

1. Centra Sleep Apnea. Centra Sleep Apnea adalah gangguan tidur dimana pernapasan terhenti sejenak saat tidur. Saat bangun, penderita mengalami kekurangan oksigen pada otak yang menyebabkan rasa ngantuk sehari penuh.

Kondisi ini semakin diperparah dengan rasa sakit kepala dan sulit berkosentrasi. Jika kamu mengalami kondisi seperti ini, resiko penyakit serius bisa menghampirimu, seperti serangan jantung, stroke, atau peradangan pada otak.

2. Hypersomnia. Seseorang yang mengalami keinginan tidur secara terus menerus adalah penderita Hypersomnia. Mereka selalu merasa mengantuk dan juga sulit berpkir cepat.

Kondisi tersebut berbbanding terbalik dengan penderita Insomnia. Tapi, penyebabnya sama-sama berpusat pada sistem kerja otak. Untuk mengobatinya, perlu ada terapi stimulus sistem otak pusat oleh tenaga medis spesialis agar otak dapat bekerja secara optimal kembali.

3. Nokturia. Pada orang dengan kondisi kesehatan baik, tidur 6-8 jam di malam hari biasanya bisa dilakukan dengan normal tanpa gangguan apapun.

Tapi berbeda dengan penderita Nokturia, gangguan tidur terjadi ketika seseorang selalu merasa ingin buang air kecil di malam hari. Jika kamu mengalami gejala seperti ini, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter.

4. Gangguan Mental. Kuantitas tidur seharusnya berbanding lurus dengan kualitas tidur. Akan tetapi ini tidak berlaku jika kamu sedang berada dalam kondisi emosi yang tidak stabil.

Panjangnya durasi tidur seseorang yang menderita gangguan mental, tidak akan berpengaruh di keesokan paginya. Jika kamu masih merasa cemas, sedih bahkan merasa depresi, di siang harinya kamu akan merasa ngantuk yang berkepanjangan.

5. Penyakit kronis. Bisa jadi kamu mengalami penyakit serius. Penyakit ini bisa jadi dari gangguan jantung, gangguan sistem peredaran darah atau gangguan hati.
Upayakan untuk memulai gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga (ini sangat dianjurkan ), dan juga menetralisir stress.

Itulah 5 penyebab masih mengantuk meskipun telah beristirahat atau tidur yang cukup pada malam hari. Semoga bermanfaat.

@muhammad munzadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here