MANFAAT MEMBACA AL-QUR’AN

foto: istimewa

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam. Kitab suci ini diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad, melalui malaikat Jibril. Al-Qur’an tidak diturunkan sekaligus, namun secara berangsur-angsur. Surat yang pertama kali turun adalah surat Al ‘Alaq. Sementara surat yang terakhir kali turun adalah surat al-Māidah. Penurunan Al-Qur’an kurang lebih selama 23 tahun atau lebih tepatnya 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari.

Inti sari dari kitab suci Al-Qur’an adalah menghapus sebagian syariat yang tertera dalam kitab-kitab terdahulu dan melengkapinya sesuai dengan tuntunan. Kita sebagai umat Islam wajib mengimani, meyakini, dan memercayai kitab suci Al-Qur’an. Karena percaya kepada kitab suci Al-Qur’an termasuk rukun iman yang ketiga. Adapun isi pokok dari Al-Qur’an yaitu;

1. Keimanan (Aqidah),

2. ‘Ibādah (baik mahdah maupun ghairu mahdah),

3. Akhlaq,

4. Mu ’āmalah,

5. Qissah (cerita nabi dan rasul, para salafush saleh, serta manusia-manusia yang ingkar), dan

6. Semangat mengembangkan ilmu pengetahuan.

Lalu, bagaimana pahala orang yang membacanya?

Adapun pahala bagi orang yang membaca Al-Qur’an adalah setiap huruf yang diucapkan dari Kitabullah menjadi satu kebaikan, dan satu kebaikan ini dilipat menjadi 10 pahala kebaikan. Orang yang membaca Al-Qur’an dengan lancar ia akan senantiasa bersama para malaikat yang mulia. Bahkan orang yang mempelajari dan mengamalkan isi Al-Qur’an termasuk ke dalam manusia terbaik. Cara yang dapat ditempuh dalam mengamalkan Al-Qur’an adalah dengan mengaji (baik makhroj, ilmu tajwid, dan lain sebagainya). Selanjutnya, mempelajari arti dan menganalisisnya.

Nama-nama lain dari Al-Qur’an di antaranya : Al-Hudā, yang artinya Al-Qur’an adalah petunjuk bagi seluruh umat. Al-Furqān, yang artinya Al-Qur’an adalah pembeda antara yang baik dan yang buruk. Asy-Syifā’, yang artinya Al-Qur’an adalah penawar. Az-Zikr, yang artinya Al-Qur’an adalah peringatan adanya ancaman dan balasan. Al-Kitāb, yang artinya Al-Qur’an adalah firman Allah yang dibukukan. Serta ada banyak lagi nama lain dari Al-Qur’an.

Adakah manfaat membaca Al-Qur’an dari segi ilmiah?

Jelas ada. Peneliti bernama Al Qodhi di sebuah klinik besar–Florida, AS, mengatakan bahwa seseorang yang membaca atau mendengarkan Al-Qur’an akan mengalami perubahan kondisi psikologis. Lewat penelitian itu, seseorang dapat menurunkan rasa depresi lewat membaca dan mendengarkan ayat suci Al-Qur’an. Seseorang juga bisa menenangkan jiwa dan menghapus kesedihan. Al-Qodhi sendiri yang telah membuktikan penelitian itu lewat orang-orang yang sudah dijadikan objeknya. Selanjutnya untuk adab-adab membaca Al-Qur’an yaitu :

1. Berwudhu dan membersihkan mulut dengan siwak sebelum membaca Al-Qur’an.

2. Menghadap kiblat, memakai pakaian yang bersih dan wangi, dan duduk dengan tenang dan sopan di tempat suci untuk menghormati keagungan Al-Qur’an.

3. Membaca ta’awwudz;
ا عو ذ با لله من ا لشيطا ن الر جيم.

4. Membaca dengan khusyuk’ dan dengan menghayati maknanya.

5. Mengakhiri bacaan dengan memanjatkan doa senandung Al-Qur’an.

(Adab-adab dikutip dari kitab Majmu Syarif Al-Ilmu’, karya Dr. Abu Ali Zainal Abidin LC. MA : Raja Publisshing Sumber Ilmu Jaya, 2013, hal. 15 – 17.)

Penulis: Beavinata

Editor: Ade

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: