MANFAAT BUAH KURMA BAGI KESEHATAN

foto: istimewa

Kurma adalah tanaman palma. Buah ini termasuk ke dalam genus Phoenix. Kemungkinan, buah ini berasal dari tanah di sekitar Teluk Persia. Buah ini merupakan makanan pokok di Timur Tengah dan Afrika Utara. Pohon kurma tingginya sekitar 15 – 25 meter. Dan panjang daunnya sekitar 3 – 5 meter.

Buah kurma ini sering disebut buah nabi. Kurma kaya akan nutrisi. Rasanya legit dan manis. Membuat buah ini selalu dicari pada saat bulan puasa. Umumnya, buah ini dipanen saat musim gugur dan awal musim dingin. Karena pada awal musim dingin buah kurma akan lebih segar.

Kandungan nutrisi dalam buah kurma sangat banyak, di antaranya ada 12% kebutuhan vitamin B harian. 15% kebutuhan mangan. 14% kebutuhan magnesium harian. 2 gram protein. 5% kebutuhan zat besi harian. 18% kebutuhan tembaga. 20% kebutuhan kalium harian. Dan 7 gram serat.

Tak hanya itu, nutrisi kurma juga dibedakan berdasarkan tingkat kematangannya. Misalnya kurma kering, kandungan gula serta kalorinya lebih banyak daripada kurma segar. Per 3,5 ons kurma yang dikeringkan, mengandung 76 gram karbohidrat dan 284 kalori. Sementara per 3,5 ons kurma segar mengandung 37 gram karbohidrat dan 142 kalori. Akan tetapi, kurma segar juga memiliki kelebihan lain. Salah satunya kurma segar lebih banyak mengandung air, serat, dan protein daripada kurma kering.

Adapun manfaat buah kurma bagi kesehatan yaitu:

1. Mengobati sembelit.

2. Menjaga kesehatan tulang.

3. Mengobati anemia.

4. Mencegah kanker di bagian perut.

5. Menjaga sistem saraf.

6. Mengobati gangguan usus.

7. Mencegah stroke dan jantung.

8. Mengobati alergi.

Secara umum, kurma dikelompokkan dalam 3 kategori, yaitu lunak, semi lunak, dan kering. Adapun jenis-jenis kurma, ada kurma Barhi. Ciri-ciri kurma Barhi adalah rasanya mirip seperti apel. Selanjutnya ada kurma Deglet Noor (semi lunak), Halwaly, Khardawy, Medjool, Thoory, dan Zahidi. Semua jenis kurma tadi adalah kurma yang paling terkenal di dunia. Dan yang paling penting, untuk mengonsumsi kurma hendaknya sekalian menjalankan sunah Rasulullah ﷺ yaitu mengonsumsinya dengan jumlah butir kurma yang ganjil. Misalnya 3, 5, 7, dan seterusnya. Karena selain dapat nikmat dari makan kurmanya, kita juga dapat pahala dan berkahnya.

Penulis: Beavinata
Editor: Ade

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*