MALAM TIRAKATAN DAN RESOLUSI JIHAD: DALAM RANGKA MERAYAKAN HARI SANTRI 2019

Sumber: google

POCIMEDIA.COM | Sekitar tujuhbelas ribu umat Islam memadati kawasan Tugu Pahlawan Surabaya, Selasa 29 Oktober 2019 malam. Massa memadati acara “Malam Tirakatan Resolusi Jihad dan Haul Para Syuhada’ dan Pahlawan” dalam rangka merayakan Hari Santri 2019.

Acara tersebut digelar PWNU Jawa Timur guna memperingati Hari Santri dan menghadirkan pembicara KH Ahmad Muwafiq dari Jogjakarta, dihadiri sekitar tujuhbelas ribu massa umat Islam, baik dari Surabaya maupun dari daerah lain di Jawa Timur. Acara dimulai sejak pk 20.00 WIB, berakhir hingga pk 23.30 WIB.

Pada kesempatan itu, Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar mengungkapkan prinsip dan nilai ajaran yang dianut NU sesuai dengan yang dijalankan KH Hasyim Asyari selaku pendiri NU.

“Seperti mbah Hasyim Asyari, Nasionalisme yang islami, Islam yang nasionalis, dua-duanya harus jalan,” tuturnya.

Dalam ceramahnya, Gus Muwafiq menjelaskan, seruan Resolusi Jihad 22 Oktober 1945 dilakukan oleh PBNU yang waktu itu kantornya masih ada di Surabaya. Tokoh utama dari seruan ini tak lain adalah KH Hasyim Asy’ari.

“Jadi seruan itu sekupnya masih seputaran Jawa dan Madura yang intinya satu yakni umat Islam pada radius sekitar 90 km punya kewajiban ‘ain untuk melawan penjajah,” tuturnya.

Dengan Resolusi Jihad, disebutkan tidak hanya laki-laki, tetapi semua yang hidup baik laki-laki, perempuan, tua muda dan anak-anak.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh grup sholawat Syubbanul Muslimin dari Probolinggo, At-taufiq dari Madura dan Al-Musthofa dari Surabaya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*