LIDAH MERTUA BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN: MITOS atau FAKTA

Sansevieria, tanaman segudang manfaat yang luput dari pandangan

Contibuted image by Dekoruma

POCIMEDIA.COM – Kalau mendengar kata “MERTUA”, apa yang akan muncul dalam pikiran anda, apakah “GALAK”, “JAHAT”, “WARISAN”, ataukah hal yang lain. Apalagi kalau kita sebuat kata “LIDAH MERTUA”, apa lagi yang muncul dalam benak anda, apakah “pribahasa LIDAH TAK BERTULANG”, “LIDAHnya setajam SILET” atau yang lain.

Eits…jangan berpikir kemana-mana dulu ya sobat, Lidah Mertua yang akan kita bahas, bukan LIDAH bagian dari anggota Tubuh dari metua kita (tapi kalau yang jomblo, bulum punya yaahh…), melainkan Tanaman LIDAH MERTUA. Tanaman dengan nama latin SANSEVIERIA ini memiliki ciri daun yang keras, sekulen dengan ujung yang meruncing.

Di desa, tanaman ini banyak ditanam di depan rumah, tidak dirawat dan dibiarkan begitu saja. Sebab, masyarakat di desa tidak banyak yang mengetahui apa manfaat yang bisa diberikan oleh tanaman ini. Tapi bagi masyarakat Perkotaan, sangat penting untuk mencari tahu manfaat tanaman ini, karena akan sangat membantu gaya hidup orang kota yang notabene nya ditengah revolusi Industri 4.0 seperti sekarang ini tidak bisa lepas dari radiasi perangkat digital (gadget, LED TV, Laptop dsb), serta polusi kendaraan dan efek rumah kaca.

Lama sebelum banyak yang mengetahui manfaat dari LIDAH MERTUA, Penelitian NASA telah bekerja sama dengan ALCA ternyata mampu menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi tersebut. Tanaman lidah mertua sangat ampuh untuk menyerap polusi udara sehingga kondisi udara di lingkungan tampat tinggal akan lebih bersih dan sejuk. Konon, tanaman ini bisa menyerap 107 jenis polutan yang ada di udara seperti xilen, benzen, karbondiokasida, dan jenis polutan yang lain. Oleh karena itu lidah mertua sangat cocok untuk ditanam di pinggir jalan untuk menetralkan polusi dari kendaraan bermotor.

Selain bisa di tanam di luar rumah atau luar ruangan, “LIDAH MERTUA” juga bisa ditanam di dalam ruangan, baik itu di rumah maupun di perkantoran. Khususnya kantor-kantor yang didalam banyak menggunakan perangkat digital seperti LAPTOP dan juga ruangan kantor yang ber AC (Air Conditioner). Tanaman ini mampu melepaskan oksigen ke udara dan menyerap karbondioksida dan juga dapat mengatasi efek rumah kaca dan tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Tanaman ini juga mampu mengatasi sick building syndrome, yaitu keadaan ruangan yang tidak sehat akibat tingginya konsentrasi gas karbondioksida, nikotin dari rokok, dan penggunaan pendingin ruangan.

Di Jepang tanaman ini banyak digunakan sebagai penetral bau tak sedap di dalam ruangan. Oleh karena itulah tanaman ini akan ditempatkan di berbagai ruangan yang menjadi sumber bau tak sedap seperti kamar mandi dan dapur. Tanaman ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam lemari es, caranya cukup mudah yakni dengan meletakan beberapa potong tanaman lidah mertua pada sudut lemari es.

Jadi tunggu apa lagi, bagi yang belum memilikinya mari segera berburu dan membudidayannya. Untuk menanam tanaman ini cukup mudah, Anda cukup menyediakan media tanam dengan dicampur sedikit pupuk kemudian masukan ke dalam wadah seperti pot atau bisa memanfaatkan barang-barang bekas seperti botol plastik, ember dan lain sebagainya. Tanaman ini termasuk dalam tanaman hias yang tahan dengan sedikit suplay sinar matahari.

Untuk perawatan juga cukup mudah, Anda tidak perlu menyiram tanaman ini setiap hari, karena ia akan tetap tumbuh subur meskipun mendapatkan pasokan air dalam jumlah minim. Jadi Anda cukup menyiram seminggu sekali untuk menjaga agar media tanam tidak mengering. Meskipun tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias di dalam ruangan, namun Anda harus mengeluarkannya untuk beberapa saat agar mendapat suplay sinar matahari. Tujuannya agar tanaman lidah mertua tidak layu dan warna daunnya tetap cerah.

Naahhhhh…..sekarang sudah tau kan kalau LIDAH MERTUA bermanfaat itu,bukan mitos, tapi fakta….bagi yang menginkan tanaman ini dan sulit untuk mendapatkannya, bisa kontak saya yaaaaa….dengan senang hati siap mensuplay….. @eko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here