KEMEGAHAN MASJID AGUNG SULTAN QABOOS OMAN, DENGAN KARPET TERBESAR DUNIA

sumber : google

POCIMEDIA.COM – Masjid Agung Sultan Qaboos adalah salah satu masjid termegah di dunia yang terletak di negara Oman. Memiliki menara yang menjulang tinggi, halaman masjid juga dihiasi dengan marmer putih. Selain itu, Masjid Agung Sultan Qaboos juga memiliki permadani indah dan lampu yang menakjubkan.

Masjid ini terletak di Bausher, Muscat, ibukota Oman negara dibangun atas perintah penguasa Kesultanan Oman saat ini, Sayyid Qaboos bin Sa’id Al Bu Sa’id. Sultan ingin orang-orang dari Oman bisa memiliki sebuah masjid besar dan indah yang mereka dapat dibanggakan.

Sebelumnya, ketika Sultan Qaboos naik tahta pada tahun 1970, ia telah memerintahkan pembentukan sebuah masjid sederhana di Muscat. Namun, pada tahun 1992, ia meminta dibuatkan design masjid terbesar di dunia. Dengan demikian, pada tahun 1993 dilakukan sebuah kompetisi desain desain masjid ini, yang akhirnya dimenangkan oleh Bausher Konstruksi.

Menurut Kementerian Pariwisata dari Oman, masjid ini adalah suatu maha karya arsitektur dan kebanggaan Oman. Berikut karpet yang indah dihiasi dengan lampu gantung terbesar dunia dihiasi dengan ratusan kristal Swarovski. Masjid ini terbuka untuk umum dari Sabtu hingga Kamis pukul 08.00 sampai 11:00 dan aturan berpakaian untuk kunjungan.

“Karya arsitektur Islam modern yang besar adalah hadiah untuk bangsa dari Sultan Qaboos Oman untuk menandai tahun ke-30 masa pemerintahannya,” tambah Departemen Pariwisata dari Oman.

“Karpet Persia untuk masjid memiliki panjang 70 meter dan lebar 60 meter. Iran membuat karpet buatan tangan di dunia terbesar kedua. Untuk membuat karpet ini perlu 600 perempuan untuk menenun selama empat tahun,” kata Menteri Pariwisata Oman.

Kementerian Pariwisata Oman menjelaskan bahwa masjid ini dapat menampung 20.000 jamaah, termasuk 750 perempuan di ruang doa pribadi.

Pengunjung diwajibkan untuk berpakaian sopan, menutupi lengan dan kaki dan menghindari pakaian ketat. Perempuan dan anak perempuan (berusia tujuh tahun dan di atas) harus menutupi rambut mereka. Abaya dan syal dapat disewa dari masjid cafe dan tersedia toko suvenir. (*)

Sumber : republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: