KEBAKARAN MELANDA HUTAN PINUS MILIK PERHUTANI DI PONOROGO

foto: Istimewa

POCIMEDIA.COM | Ponorogo – Kebakaran hutan pinus milik Perhutani terjadi di KPH 105 Ngebel. Kebakaran yang terjadi mulai Rabu (20/11/2019) hingga Kamis (21/11/19), mulai meluas mendekati pemukiman warga. Pada awalnya api hanya sebatas di area hutan pinus Desa Wates, Kecamatan Jenangan. Namun, karena angin cukup kencang, kebakaran semakin meluas hingga Kecamatan Pulung.

“Kebakarannya hutan pinus di Jenangan belum padam. Bahkan meluas hingga hutan pinus yang berada di Kecamatan Pulung,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo, Setyo Budiono, Kamis (21/11). Bahkan, menurut Budi, api hingga saat ini masih belum padam dan mulai mendekati pemukiman warga.

Petugas kesulitan memadamkan api karena kondisi lokasi yang curam. Titik api sangat sulit dijangkau oleh kendaraan damkar, hingga akhirnya, pemadaman sementara dilakukan dengan cara tradisional, yaitu dengan gepyok daun kering. Saat ini, petugas masih belum bisa memperkirakan luas hutan yang terbakar karena api masih belum juga bisa dipadamkan. Petugas masih berjaga di sekitaran lokasi dan membuat ilaran supaya api tidak merembet semakin dekat. @ade

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*