sumber : istimewa

POCIMEDIA.COM | Jakarta – Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 pada Minggu 20 Oktober, siang ini. Pelantikan Jokowi-Ma’ruf bakal dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo lewat Sidang Paripurna MPR RI di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Sesuai keputusan MPR, pelantikan akan dimulai pada pukul 14.30 WIB. Berdasarkan rundown sidang Paripurna MPR pada Kamis (17/10/2019), prosesi pelantikan berjalan sekitar 80 menit. Dalam prosesi pelantikan, Jokowi-Ma’ruf bakal mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Kemudian, Jokowi diberikan waktu 18 menit terhitung pada pukul 15.12 WIB untuk menyampaikan pidato. Setelah itu, rapat akan ditutup dengan do’a dan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Sejumlah tokoh nasional dan tokoh internasional direncanakan hadir dalam acara pelantikan ini. Sejumlah tokoh nasional, diantaranya yakni Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga rival Jokowi dalam dua pilpres terakhir. Sedangkan tokoh internasional, diantaranya yakni PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Australia Scott Morrison, PM Malaysia Mahathir Mohamad, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Wakil Presiden China Wang Qishan.

Acara pelantikan ini sendiri akan dikawal pengamanan ketat dari pasukan gabungan TNI-Polri. Polda Metro jaya dan Kodam Jaya menerjunkan 31 ribu personel. Pengamanan dibagi menjadi 3 zona atau ring. Ring satu di Gedung DPR/MPR. Ring dua mencakup Kompleks Perlemen. Ring tiga kawasan sekitar meliputi Gedung DPR/MPR.

Akses jalan menuju Istana Kepresidenan Jakarta menjelang palantikan Presiden dan Wakil Presiden ditutup pagar berduri. Di antara akses jalan yang ditutup, yakni: daerah Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat sampai Jalan Medan Merdeka Utara. Kemudian Jalan Budi Kemuliaan hingga Jalan Abdul Muis. Sementara itu, dua kendaraan barracuda bersiaga di depan Markas Pusat Polisi Militer Angkatan Darat. Selanjutnya, Jalan Venteran III juga ditutup. Ruas jalan yang dibuka hanya Jalan Ir. Juanda dan Jalan Majapahit menuju Gerbang Kementerian Sekretariat Negara.

Di samping untuk mengantisipasi gangguan keamanan, Monas juga ditutup lantaran dijadikan tempat transit dan sterilisasi tamu yang akan datang ke istana Negara berkenaan dengan acara pelantikan Jokowi-Ma’ruf ini. @sam_witama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here