foto : google

POCIMEDIA.COM | Istana Siak Sri Indrapura atau Asserayah Hasyimiah adalah Kerajaan Melayu Islam terbesar di Riau. Istana ini merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang berlokasi di Kampung Dalam, Siak, Kabupaten Siak, Riau 28773.

Istana yang juga mendapatkan julukan Istana Matahari Timur ini mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim, dan selesai pada tahun 1893. Kompleks istana Siak Indrapura memiliki luas sekitar 32.000 m2, dan terdiri dari 4 istana yaitu Istana Siak, Istana Baroe, Istana Pandjang, dan Istana Lima. Luas Istana Siak sendiri sekitar 1.000 m2.

Istana yang terdiri dari 2 lantai ini, memadukan 3 gaya arsitektur, yakni Melayu, Timur Tengah, dan Eropa. Pada lantai pertama istana ini memuat 6 ruang sidang, ruang tamu kehormatan, 2 ruang tamu (untuk laki-laki dan perempuan), dan ruang sidang kerajaan yang juga berfungsi sebagai ruang pesta. Sedangkan di lantai kedua dari istana ini terdapat 9 ruangan yang khusus digunakan untuk Sultan, serta satu buah ruang tamu kerajaan.

Istana Siak Sri Indrapura kini dikelola oleh Pemda Kabupaten Siak. Untuk memasuki Istana ini, Anda cukup mengeluarkan Rp 10.000/orang untuk dewasa dan Rp 5.000/orang untuk anak-anak, dibuka untuk umum setiap hari pukul 09.00-17.00. @sam_witama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here