foto: ilustrasi

Sejarah seharusnya membuat kita belajar dan sadar, tentang kemana arah masa depan yang kita tuju. Sejarah seharusnya memberikan arah kepada kita untuk menjadi lebih baik dan lebih cerdas dalam mengambil langkah yang tepat dalam memutuskan segala persoalan, untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Sejarah juga seharusnya memberikan motivasi bagi siapa saja yang mempelajarinya, sehingga tidak tergerus dalam perjalanan arus globalisasi yang kian mengeksploitasi.

Arti pentingnya sejarah sampai-sampai di kitab suci umat islam yaitu Al-Qur’an yang berisi kurang lebih 75% sejarah yang ada di masa lampau, untuk bagaimana kita bisa belajar dalam cerita yang dituliskan di dalam Al-Qur’an. Akan tetapi sejarah Indonesia dijadikan alat kepentingan dalam mempertahankan kekuasaan. Akibatnya banyak fakta-fakta yang tidak terungkap secara utuh dan mentah dalam alur sejarah bangsa kita, ketertutupan dan manipulasi sejarah yang membuat problem alur masa yang kian tak jelas, sampai-sampai negara kita tidak tahu kemana arah yang akan dituju oleh bangsa kita.

Permainan kekuasaan yang ikut andil dalam memanipulasi penulisan sejarah, antara lain adalah kepentingan politik kekuasaan sehingga hilangnya identitas bangsa karena adanya pembelokan alur sejarah atas kepentingan dalam melanggengkan kekuasaan yang menjadikan alur sejarah semakin tidak jelas. Pelajaran Sejarah kini juga kehilangan arah dalam pendidikan, sejarah hanya momok bagi siswa dan siswi karena menjadi rangkaian peristiwa yang harus dihafalkan, yang menjadi cerita membosankan, sehingga harus ada renovasi perencanaan pembelajaran dalam menyikapi arti sejarah dalam menuju pembentukan identitas bangsa. Sehingga cita-cita bangsa dalam proses mencerdaskan bangsa dan menjadikan generasi masa depan yang siap mengukir sejarah baru bagi bangsa kita.

Seperti kata Agung Pribadi seorang motivator sejarah, bahwa Historivasi sejarah adalah suatu upaya untuk menjadikan sejarah sebagai sumber motivasi dan inspirasi. kata historivasi sendiri kata Agung Pribadi berasal dari gabungan kata yaitu histori dan motivasi. Dari historivasi sejarah diharapkan bahwa sejarah adalah sumber belajar yang paling utama dalam menjawab tantangan zaman serta menjawab langkah yang tepat dalam menentukan arah tujuan kita.

Historivasi sejarah, membuat sejarah bukan hanya sebagai hafalan dan rangkaian urutan suatu peristiwa. Akan tetapi ada rangkaian perjalanan yang lebih dari sekedar rangkaian cerita masa lalu, historivasi akan menumbuhkan kesadaran akan arti penting cerita sejarah dalam rangkaian peristiwa yang akan menumbuhkan semangat patriotisme, dan nasionalisme pada negara. bukan hanya sebagai cerita masa lalu yang membosankan melainkan sejarah adalah peristiwa yang penuh motivasi dalam menciptakan kesadaran sehingga kita bisa bersikap di masa kini dan masa depan saat isu dan propaganda mulai menggerogoti negeri kita.

Seperti kata Pearl Buck “If you want to understand today, you have to search yesterday’. Sejarah adalah penunjuk jalan untuk mengetahui masa depan bangsa, sehingga dalam mencapai masa depan yang diinginkan bagsa kita harus melihat masa lalu sebagai bahan pembelajaran serius untuk mencapai langkah yang tepat demi tercapainya masa depan bangsa. Untuk itu sejarah adalah jejak langkah yang membuat kita sadar bahwa apa yang sudah kita lewati adalah proses membangun jati diri dan menuju kehidupan yang penuh kehati-hatian dalam mengambil keputusan dalam menghadapi tantangan zaman. @fais

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here