HADAPI HOG CHOLERA, PENGUSAHA RM BPK GELAR WISATA KULINER DAGING BABI KOTA MEDAN, SUMUT

foto : Istimewa

POCIMEDIA.COM | Medan – Terdapat 500 warga mengikuti perlombaan makan daging babi pada Wisata Kuliner di Komplek CBD Polonia, Jalan Padang Golf, Polonia Medan, Senin (16/12/2019) pagi.

Lomba makan yang digelar pada wisata kuliner ini dibagi menjadi 3 kategori, yakni untuk pria, wanita, dan anak-anak, yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB, Senin (16/12/2019) pagi tadi. Terdapat 4 ekor babi atau yang beristilah B2 ini dipotong dan diolah dengan resep khas Karo atau biasanya kuliner B2 ini disebut juga Babi Panggang Karo (BPK).

Acara ini didukung oleh 30 Rumah Makan Babi Panggang Karo (BPK) sekitar Kota Medan, diantaranya yakni: RM BPK Mari, RM Batu Mbulan, RM Setia Budi, RM Latumara, RM Sembiring, dll. Hal inilah mengapa Ketua Asosiasi Pengusaha Rumah Makan BPK Kota Medan Darna Tarigan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada 30 RM BPK tersebut, karena telah mau bergabung dalam tekadnya untuk mengembalikan minat masyarakat makan daging B2.

Tujuan Wisata Kuliner ini sebenarnya untuk menyikapi tentang virus Hog Cholera yang membawa dampak sistematis. Bukan hanya memberikan dampak pada peternak babi saja, namun juga para pengusaha kuliner berbahan baku B2, bahkan begitu pula pengusaha lainnya seperti beras, bumbu, dan sayur, turut terkena dampak.

Padahal Dinas Peternakan dan Kesehatan sudah mengatakan virus tersebut tidak dapat menular pada manusia, namun rasa takut masyarakat dalam mengonsumsi daging B2 inilah yang membuat omzet Pengusaha Rumah Makan BPK mengalami penurunan omzet drastis, sehingga terpaksa harus mengurangi serapan tenaga kerja mereka. Mereka berharap usai acara ini semua akan membaik seperti semula.

 

Penulis : Witama

Editor : Ade

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*