GELAR RAPAT KOORDINASI, DINAS PEREKONOMIAN BAHAS STANDARISASI PRODUK

foto : pocimedia.com

POCIMEDIA.COM, Surabaya – Dalam upaya mengembangkan program pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini adalah Dinas Perekonomian, menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Standarisasi dan Sertifikasi Produk dan Jasa dengan mengangkat tema “Peranan Program East java Smast and Innovative Economic Router (EASIER) dan Kantor Layanan Teknik (KLT) bagi Industri Kecil Menengah (IKM) di Jawa Timur”, yang digelar di Ruang Pala2, Surabaya Suite Hotel, 29 Oktober 2019.

Acara yang dimulai pada pukul 10.30 ini, dihadiri puluhan IKM yang berasal dari berbagai kabupaten/kota yang diundang khusus oleh bagian perekonomian, Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Muhammad Adriansyah, Narasumber yang berasal dari Kementerian Perdagangan RI, mengungkapkan bahwa kebijakan import barang diatur dalam undang-undang antara lain Undang-undang No 7 tahun 2017, tentang perdagangan. Selain itu pula beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan import antara memiliki API (Angka Pengenal Importir), Kondisi Baru dan beberapa syarat lainnya.” ungkapnya.

“Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah banyak kebutuhan ornamen yang dibutuhkan oleh pengrajin Indonesia yang butuh di pasok dari luar negeri, dalam aturannya paling banyak 1 ton untuk setiap kiriman, dan hanya bisa maksimal 5 kali dalam setahun” lanjutnya lagi.

Di tempat yang sama, M. A. Burhanuddin, ST, MM, Sekretaris ASPRINDO Jawa Timur, yang juga menjadi peserta kegiatan ini mengungkapkan “Rapat Koordinasi ini sangat penting dilakukan, karena persoalan Standarisasi dan Sertifikasi Produk adalah hal yang klasik, namun tak kunjung bisa difinalkan. Sebagai perwakilan ASPRINDO Jawa Timur, saya hanya bisa berharap agar Pemerintah segera bisa merealisasikan hal ini, dan segera pula bisa mensosialisasikan apapun hasilnya kepada IKM untuk menjadi rujukan” ungkapnya. @badai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: