DPR RESMI MENERIMA SURAT DARI PRESIDEN JOKOWI SOAL PENGANGKATAN IDHAM AZIZ

Sumber : Google

POCIMEDIA.COM | Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin menyatakan DPR secara resmi telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo terkait pertimbangan pengangkatan Komisaris Jenderal Idham Aziz sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia menggantikan Jendral (Purn) Tito Karnavian.

Hal ini ia sampaikan saat Rapat paripurna DPR ke-4 tahun sidang 2019-2020 yang diselenggaraka Selasa (29/10). Diketahui Tito sudah diberhentikan oleh Jokowi karena diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kabinet Indonesia Maju.

“Surat kedua dari Presiden RI dengan nomor R-54/Pres/U/2019 tanggal 17 Oktober hal Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Hal Jabatan Kapolri,” kata Aziz.

Aziz juga menyatakan surat itu akan dibahas sesuai mekanisme dan tata tertib yang berlaku di DPR.
“Untuk selanjutnya sesuai dengan tata tertib akan dibahas lebih lanjut sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Aziz.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad juga mengamini bahwa telah menerima surat presiden (surpres) terkait pencalonan Idham Azis untuk menjabat sebagai Kapolri pada Rabu (23/10) lalu.

Setelah itu, DPR akan segera melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan untuk menyikapi surpres tersebut dalam waktu dekat. Bila lolos fit and proper test, DPR akan mengesahkan Idham Aziz sebagai Kapolri untuk kemudian diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk dilantik.

Selain itu, Rapat Paripurna yang memiliki agenda penetapan nama-nama anggota fraksi-fraksi dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD) itu terpantau molor hampir setengah jam.

Rapat yang sedianya dijadwalkan pada pukul 14.00 WIB mundur hingga sekitar pukul 14.32 WIB.

Berdasarkan pantauan, sekitar pukul 14.00 WIB para anggota dewan sudah mulai memadati ruang rapat paripurna di Gedung Nusantara II. Mereka banyak yang sudah duduk di kursi masing-masing dan berbincang satu sama lain.

Sumber : CNNindonesia[dot]com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: