foto : Istimewa

POCIMEDIA.COM | Asahan – Dinas Pertanian Kabupaten Asahan menggelar sosialisasi tentang regulasi perkebunan di Aula Hotel Namarina Kisaran, Asahan, Kemarin, Senin (25/11/2019).

Dalam kesempatan itu, panitia kegiatan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Oktoni Eryanto mengatakan kegiatan ini bertujuan agar perusahaan-perusahaan besar bisa lebih memahami dan segera melaksanakan kewajiban-kewajiban yang sudah diamanatkan dalam peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan sehingga tercipta suatu bentuk keteraturan dalam rangka mewujudkan pembangunan perkebunan Asahan yang berkesinambungan serta mampu memberikan dampak positif bagi pelaku usaha, masyarakat Kabupaten dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat, serta pembangunan sumber daya manusia yang berdaya saing.

Sementara itu, Bupati Asahan yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, John Hardi Nasution menyampaikan menurut angka yang dirilis Badan Pusat Statistik pada tahun 2018, Kabupaten Asahan mengalami peningkatan ekonomi sebesar 5,61 % dari tahun sebelumnya.

Sektor pertanian termasuk perkebunan, kehutanan dan perikanan adalah penyumbang angka Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) paling besar di Kabupaten Asahan sebesar 34,06 % pada tahun 2018.

Dijelaskannya, saat ini kondisi ekonomi pasar global sedang fluktuatif (tidak stabil), sehingga hampir seluruh harga-harga komoditas perkebunan mengalami penurunan, yang juga berdampak pada perekonomian nasional.

Di pasar internasional beredar isu tentang istilah “Sawit Kotor”, sawit dari Indonesia diklaim berasal dari hasil deforestrasi (perusakan hutan), tidak berkelanjutan dan tidak memenuhi standar kualitas pasar internasional.

Maka dari itu, Jhon mengajak seluruh perusahaan-perusahaan di Kabupaten Asahan untuk melakukan perbaikan-perbaikan baik dari sisi regulasi dan kualitas produk yang dihasilkan.

Kegiatan yang di hadiri oleh Kepala Seksi Pembinaan Usaha Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Indra Gunawan Girsang dan Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Pembibitan dan Produksi Ternak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan Refmi Dewita turut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here