DANREM 044/GAPO PIMPIN UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA

foto : Istimewa

POCIMEDIA.COM | Palembang -Sebagai bangsa yang besar kita wajib menghargai dan menghormati jasa para pahlawan kita. Untuk mengenang momentum bersejarah Hari Sumpah Pemuda dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya serta untuk membangun semangat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada kesempatan ini Prajurit dan PNS Korem 044/Gapo melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91, Senin (28/10/2019) yang dilangsungkan di lapangan apel Makorem 044/Gapo II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 4,5 Palembang.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dipimpin oleh Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono, dengan diawali pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan Teks Pancasila, Mengheningkan Cipta dan pembacaan Pembukaan UUD Negara RI tahun 1945 serta pembacaan Doa.

Tak ketinggalan dalam kegiatan upacara ini dibacakan putusan Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928, yang antara lain berisi kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Yong java, Yong Sumatera, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Yong Islamieten Bond, Yong Bataks Bond, Yong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia.

Dalam kerapatan tersebut, pemuda-pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia; berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Pada sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainuddin Amali menyampaikan bahwa, Hari Sumpah Pemuda Ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. “Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa”,tegas Danrem pada saat membacakan amanat tersebut.

Disampaikan juga bahwa, Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional. Tema “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. “Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” pungkas Danrem. @Nopri

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*