CEGAH PENYAKIT HIPETITIS A DENGAN POLA MAKAN YANG TEPAT

sumber:google

POCIMEDIA.COM | Jakarta –  Sebanyak 72 kasus hepatitis A ditemukan di Depok, Jawa Barat. Sebagian pasien menjalani perawatan di rumah sakit dan sebagian lainnya berobat jalan, Data ini terungkap setelah muncul kabar mengenai virus hepatitis A yang menjangkiti sebanyak 40 siswa dan 3 guru SMP Negeri 20 Depok pada beberapa waktu lalu mengalami hepatitis

Hepatitis A merupakan salah satu penyakit hati yang paling umum. Penyakit radang hati ini disebabkan oleh virus yang umumnya ditularkan melalui konsumsi makanan dan minuman yang terinfeksi atau makanan yang sudah membusuk dan tidak layak kosumsi

Meski penyakit ini  dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa pekan, bukan berarti hepatitis A tak memerlukan penanganan yang tepat. Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada hati, pasien hepatitis A perlu memerhatikan pola makan yang tepat.

Dalam membantu tubuh memproses makanan dengan lebih baik, Anda juga disarankan mengonsumsi air mineral dengan cukup. Air mineral lebih baik daripada minuman berkafein seperti kopi.

Pola makan yang tidak sehat dapat berkontribusi pada kerusakan liver lebih lanjut. Konsumsi makanan tinggi kalori atau berpemanis hanya akan memicu penumpukan lemak pada hati. Selain berpotensi memicu sirosis, lemak yang menumpuk juga akan mengganggu efektivitas pengobatan hepatitis A.

Anda disarankan untuk menghindari kandungan lemak jenuh seperti pada mentega, produk susu tinggi lemak, daging berlemak, dan makanan-makanan yang digoreng. Hindari pula makanan berpemanis, kandungan garam tinggi seperti pada makanan olahan, dan minuman beralkohol.

sumber: cnnindonesia[dot]com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: