Sumber: BBC

POCIMEDIA.COM |  Sulit tidur atau insomnia sangatlah mengganggu. Tubuh jadi tidak bugar, wajah tampak lesu, aktivitas pun jadi kacau. Ingin tahu cara mengatasi susah tidur secara alami? Baca artikel ini hingga selesai.

Ada banyak cara mengatasi sulit tidur tanpa harus mengkonsumsi obat kimia. Anda bisa mencoba 7 tips berikut ini untuk mengatasi insomnia ringan yang dialami.

7 TIPS MENGATASI SUSAH TDUR

1. Ketahui penyebabnya
Sebelum menentukan cara mengatasinya, ketahui lebih dahulu penyebab Anda sulit tidur. Penyebab yang berbeda tentu membutuhkan penanganan yang berbeda.

2. Jangan makan berat menjelang tidur
Makan malam sebaiknya dilakukan 3-4 jam sebelum waktu tidur. Jika menjelang tidur merasa lapar, Anda bisa mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit dan buah, atau minum susu.

3. Kurangi konsumsi kafein dan alkohol
Kafein dan alkohol membuat tubuh selalu terjaga. Kurangi minuman berkafein, seperti kopi, dan minuman beralkohol agar Anda bisa tidur nyenyak.

4. Jauhkan gawai
Bermain game atau mengecek media sosial menyebabkan otak menjadi fokus dan tubuh serta pikiran kurang rileks. Hentikan kebiasaan tersebut untuk mendapatkan tidur berkualitas.

5. Ciptakan suasana kamar yang nyaman
Cahaya temaram atau gelap, tidak berisik, dan suhu yang sejuk adalah kondisi terbaik agar Anda tidur dengan nyenyak. Gunakan kasur yang tepat serta jaga kebersihan dan kerapian kamar tidur.

6. Menulis jurnal
Tuangkan beban pikiran yang membuat sulit tidur dalam sebuah jurnal dan buatlah daftar kegiatan dan pekerjaan yang harus diselesaikan esok hari.

7. Lakukan aktivitas pengantar tidur
Lakukan rutinitas pengantar tidur, seperti mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik lembut, atau mengatur pernapasan.


Ternyata, banyak cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda lakukan tanpa harus mengonsumsi obat kimia. Namun, jika gejala insomnia terus dirasakan dan semakin parah, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

@hisyam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here