sumber: google

POCIMEDIA.COM | Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperingatkan cuaca ekstrem tiga hari di sejumlah wilayah di Jawa Timur yang dapat menimbulkan angin kencang.

BMKG mewaspadai potensi cuaca ekstrem yaitu hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Situbondo, membuat BMKG, memberikan himbauan terhadap masyarakat setempat agar lebih berhati-hati dengan cuaca buruk.

Pada 28 November 2019, BMKG menyebutkan hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir pada pagi hari di wilayah Kabupaten Probolinggo dan Situbondo. Kemudian pada siang hari di wilayah Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Kabupaten Probolinggo dan Situbondo.

Yang dilanjutkan pada 29 November 2019, siang hari di Batu, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Situbondo.
Dalam hal ini Teguh Tri Susanto menuturkan, peningkatan tekanan udara di Siberia dan Asia Timur dalam beberapa hari terakhir menyebabkan terjadinya penguatan desakan massa udara dingin dari wilayah Asia mendekati kawasan ekuator.

Desakan ini memberikan pasokan uap air yang cukup dapat menyebabkan pembentukan hujan yang signifikan di Indonesia. Sementara itu, angin timuran dari wilayah Australia masih cukup kuat dan menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang di Indonesia bagian utara dalam beberapa hari ke depan

Teguh mengimbau warga agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi dampak lanjutan akibat hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.
Sumber: Liputan6[dot]com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here