foto : istimewa

POCIMEDIA.COM | Bika Ambon adalah penganan khas Kota Medan, atau sering dikenal juga sebagai oleh-oleh khas dari ibukota Sumatera Utara.

Asal mula nama Bika Ambon ini sendiri sebenarnya dikarenakan untuk pertama sekalinya dijual dan populer di Jl. Ambon. Maksud Jl. Ambon disini bukanlah jalan di Ambon, Maluku, melainkan Jl. Ambon-Sei Kera, Medan.

Sebenarnya, kue ini hasil modifikasi dari kue khas Melayu, yakni Bika atau Bingka. Hanya saja Bika Ambon mengembang hingga berongga, hal inilah yang membedakannya dengan Bika atau Bingka khas Melayu.

Untuk adonan Bika Ambon ini, terdiri atas santan, tepung, kuning telur, dan gula, dibuat dengan komposisi satu banding satu, dan nantinya akan di fermentasikan dengan penambahan nira. Proses fermentasi ini memakan waktu selama 7 jam agar benar-benar sempurna. Setelah itu akan diberi perasa makanan dan di oven selama 1 jam. Bika Ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar 4 hari, karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.

Bika Ambon ini banyak dijual di Medan, Jalan Majapahit di daerah Medan Petisah, sekiranya terdapat sedikitnya 30-40 toko yang menjual kue ini. @sam_witama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here