foto: google

POCIMEDIA.COM | Jakarta – Aturan kesepakatan perdagangan bebas dengan Indonesia, Hong Kong, dan Peru telah disahkan oleh Parlemen Australia pada hari ini, Selasa (26/11). Pengesahan ini sangat berdampak baik terhadap petani, pengusaha, dan investor Australia. Berkat kesepakatan perdagangan bebas yang baru ini, pengusaha dan petani Australia punya kesempatan ekspor yang baru ke wilayah Indo-Pasifik.

“Kesepakatan perdagangan ini akan memberikan akses pasar yang lebih besar kepada petani kami, kesempatan yang lebih besar kepada pengusaha kami, lebih banyak lapangan kerja, dan peningkatan investasi di Australia,” ucap Simon Birmingham–Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi, seperti yang dilansir dari laman resmi Kementerian Perdagangan Australia.

Simon Birmingham juga mengatakan, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Kesepakatan ini pun akan memberi dorongan besar bagi petani Australia, lewat produksi biji-bijian, daging sapi, susu, hortikultura, dan produk lainnya. Semuanya akan diuntungkan dari tarif yang lebih rendah dan akses yang lebih baik.

Menurut keterangan yang ada, rencana ekonomi Negeri Kangguru ini adalah menjadikan pelebaran kesempatan eksportir Australia sebagai pilar utama.

Sementara itu, pemerintah kini akan bergerak cepat untuk menyelesaikan sejumlah proses ratifikasi untuk 3 kesepakatan perdagangan ini sebelum akhir tahun. Indonesia akan menyelesaikan proses ratifikasi pada awal tahun nanti. Sedangkan Hong Kong dan Peru telah selesai.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan lewat Twitter-nya juga menanggapi kabar pengesahan kesepakatan perdagangan. Ia menyebut, pengesahan ini sebagai sebuah pencapaian besar. @beavinata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here