ANGGREK HITAM PAPUA

sumber : google

POCIMEDIA.COM | Papua bisa dibilang merupakan daerah yang memiliki keragaman hayati paling kompleks di Indonesia. Tidak hanya jenis faunanya saja, Papua juga memiliki flora unik yang mungkin hanya satu-satunya di dunia. Salah satu diantaranya adalah bunga anggrek hitam Papua, yang saat ini menjadi sorotan karena disebut-sebut sebagai tanaman tropis yang eksotik dan langka.

Anggrek hitam Papua ini sudah ditetapkan sebagai tanaman yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Walaupun Indonesia terdapat banyak jenis anggrek hitam, namun anggrek hitam Papua memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya berbeda dengan jenis lainnya. Diantara ciri khasnya, yakni: memiliki warna yang lebih elegan dan terkesan lebih berani, serta memiliki bau khas unik yang lebih semerbak.

Tanaman yang dijuluki sebagai Flame of Irian ini tumbuh pada pepohonan yang bisa mencapai 5 meter tingginya di dataran rendah bersuhu sekitar 30-35 0C. Bunga ini tumbuh hingga mencapai 40-60 cm dan memiliki masa mekar 3-5 kali dalam satu bulan, biasanya mekar pada pertengahan bulan Maret sampai Juni.

Anggrek hitam Papua ini tidak hanya indah dan menampilkan estetika maksimum dari sebuah bunga, namun juga menjadi komoditi dagang yang begitu bagus. Ini disebabkan harga bunga ini terbilang begitu mahal, kadang bunga ini dihargai sampai ratusan juta per biji, bahkan bibitnya saja bisa mencapai jutaan rupiah. Meskipun harganya di pasaran sangat fantastik, namun faktanya bunga ini masih begitu diminati, baik di kalangan masyarakat Indonesia maupun manca negara. @sam_witama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: