ANDALIMAN (MERICA BATAK), BUMBU KHAS BATAK TOBA

sumber : istimewa

POCIMEDIA.COM | Andaliman atau yang memiliki nama latin zanthoxylum acanthopodium ini adalah rempah yang masuk dalam suku jeruk-jerukan. Andaliman berbentuk bulat kecil bergerombol selayaknya buah pala. Rempah yang dikenal juga dengan sebutan ‘Merica Batak’ ini, biasanya digunakan sebagai bumbu masakan khas Batak Toba dan Medan. Bumbu ini cukup penting dalam kuliner di Sumatera Utara.

Tumbuhan yang digunakan kulitnya ini juga ditemukan di banyak masakan di Asia Timur dan Asia Selatan. Misalnya saja di Jepang, andaliman dikenal dengan sebutan sansho, sedangkan Korea dikenal dengan sanchonamu atau chopinamu. Namun, rempah ini lebih terkenal dalam bahasa Inggris, yakni Sichuan pepper.

Andaliman memiliki kandungan hydroxyl-alpha-sanshool, yang dapat meninggalkan jejak rasa getir, kelu atau kebal di lidah. Di samping itu, ternyata andaliman ini juga memiliki manfaat bagi tubuh, yakni kandungan vitamin C dan E alami berfungsi menjaga daya tahan tubuh, kandungan senyawa minyak atsiri dan alkaloid berfungsi sebagai anti oksidan dan anti mikroba, serta ekstrak buahnya dapat menjadi obat herbal bermanfaat baik untuk Rahim.

Rempah ini bisa ditemui di pasar tradisional, ada yang masih dalam keadaan utuh dan ada juga yang sudah dalam bentuk bumbu halus siap olah, maupun dalam bentuk pasta. Untuk harga andaliman ini sendiri bisa mencapai puluhan ribu per kg-nya. @sam_witama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: