foto : Donny van de Beek

POCIMEDIA.COM | Surabaya – Ajax Amsterdam mencukur FC Utrecht empat gol tanpa balas dalam laga pekan ke-13 Liga Belanda di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Minggu (10/11/2019).

Donny van de Beek membukukan dua gol dalam kemenangan itu, dilengkapi dua gol lainnya yang dicetak Dusan Tadic dan Lisandro Martinez, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Hasil itu sekaligus menegaskan posisi Ajax di puncak klasemen dengan raupan 33 poin atau sementara ini unggul tujuh poin dari pesaing terdekatnya, AZ Alkmaar (26) yang belum memainkan laga pekan ke-13.

Sedangkan Utrecht (24) cukup beruntung bisa bertahan di peringkat keempat kendati kalah, sebab hasil laga-laga lain yang sudah berlangsung memihak kepada mereka.

Sejak sepak mula Ajax menguasai pertandingan dan tampil agresif, sayang peluang yang diperoleh Martinez pada menit keenam masih membentur tiang gawang.

Dominasi Ajax membuahkan hasil pada menit ke-14 saat Van de Beek menerima umpan silang Tadic dan melepaskan tembakan dari sisi kanan kotak penalti untuk membuka keunggulan tuan rumah.

Sepuluh menit berselang giliran Tadic yang mencetak gol memanfaatkan umpan silang Quincy Promes demi menggandakan keunggulan Ajax 2-0.

Laga terus berjalan timpang di atas lapangan dan diperjelas di papan skor ketika Van de Beek mencetak gol keduanya lewat tembakan jarak jauh yang tak mampu diantisipasi kiper Maarten Paes pada menit ke-40.

Skor 3-0 bertahan cukup lama, sampai pada akhirnya Martinez mencetak gol keempat Ajax lewat tandukan menyambut umpan silang Hakim Ziyech dalam situasi sepak pojok.

Noa Lang hampir menambah lagi keunggulan tuan rumah pada menit ke-81, namun kali ini Paes bisa mengantisipasi datangnya bola. Ajax menutup laga dalam kemenangan 4-0 atas Utrecht.

Susunan pemain:

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui (Sergino Dest), Joel Veltman, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Donny van de Beek, Hakim Ziyech, Lisandro Martinez; Zakaria Labyad (Noa Lang), Dusan Tadic (Klaas-Jan Huntelaar), Quincy Promes
Pelatih: Erik ten Hag

FC Utrecht (4-1-2-1-2): Maarten Paes; Sean Klaiber, Willem Janssen, Justin Hoogma, Mark van der Maarel; Adam Maher (Giovanni Troupee); Joris van Overeem, Bart Ramselaar (Patrick Joosten); Simon Gustafson; Gyrano Kerk (Vaclav Cerny), Sander van de Streek
Pelatih: John van den Brom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here