sumber : google

POCIMEDIA.COM | Kalian suka jalan-jalan dan menyukai fotografi namun tidak punya kamera DSLR?. Tidak usah khawatir sebab kamu bisa memaksimalkan kamera di Smartphone kamu. Berikut kami sajikan 8 tips memotret dengan menggunakan kamera Smartphone.

1. Jangan gunakan zoom, mendekatlah ke obyek foto
Lensa di kamera Smartphone biasanya memilik panjang fokal 25 sampai 28mm yang dalam ranah fotografi dikenal sebagai lensa sudut lebar, itulah sebabnya obyek jadi terlihat lebih kecil dibandingkan sebenarnya. Dan kita seringkali tergoda untuk melakukan pinch to zoom saat memotret dengannya. Hindari hal ini, karena zooming secara digital seperti ini layaknya anda melakukan cropping foto di komputer, resolusi foto jadi turun dan terpotong. Makin dahsyat kita melakukan zoom, makin besar degradasi resolusi foto. Untuk menghindari hal ini, mendekatlah ke objek yang anda ingin foto dan potret dengan jarak dekat.

2. Pahami cahaya adalah hal yang utama
Kamera handphone tidaklah sesensitif mata kita yang bisa melihat di keremangan. Usahakan agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi, hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor. Jika tersedia, gunakan flash saat memotret indoor. Namun harus diingat bahwa jarak efektif flash adalah sekitar 2-3 meter, jadi jangan berharap kita bisa menerangi seisi ruangan dengan flash.

3. Pilih objek yang diam
Sebagai pemula usahakan untuk belajar memotret objek yang diam, supaya hasil yang di dapat maksimal. jika baru belajar dan langsung memotret objek yang bergerak maka hasilnya akan kabur dan kamu akan frustasi karena tidak kunjung menghasilkan foto yang bagus.

4. Aktifkan garis bantu (Rule OF Thirds)
Dengan Rule Of Thirds anda akan dimudahkan dalam pengambilan sudut gambar, letakkan objek yang ingin anda potret di garis sebelah kanan atau kiri, jika objeknya tunggal anda dapat meletakkan objek di dalam kotak gari (ditengah)

5. Pegang handphone se-stabil mungkin
Semakin stabil kamera semakin bagus foto kita. Jadi usahakan agar tangan kita tenang saat mengambil foto. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok sehingga membantu kestabilan tangan.

6. Foto sesering mungkin
Kita harus bersyukur hidup di jaman digital sehingga berapapun kita memotret, kita tidak perlu mengeluarkan ongkos ekstra. Bayangkan jika anda memotret menggunakan film, berapa roll yang harus dibeli? Karena itu, jangan sungkan dan ragu, potretlah sebanyak dan sesering mungkin sampai memory di handphone anda penuh, semakin banyak kita memotret semakin banyak pula hasil yang bagus.

7. Cobalah memotret dari tempat yang tidak biasa
Foto yang dibuat dari sudut yang biasa-biasa saja maka hasilnya juga akan biasa-biasa saja. Untuk itu cobalah memotret dari sudut yang tidak biasa, misalnya jongkoklah dan memotretlah dari sudut yang lebih rendah dari objek fotonya. Dengan begitu foto kita memberi kesan khusus yang tidak biasa dilihat mata manusia normal.

8. Pastikan lensa selalu bersih
Sebaik apapun kita memotret dan sebagus apapun obyek foto tapi jika lensa kita kotor maka hasilnya pastilah jelek. Mengingat handphone kita lama berada di kantong maka kotoran lama-kelamaan akan menempel di lensa kamera, oleh karena itu secara berkala bersihkan lensa dari kotoran. Gunakan kain lembut untuk membersihkan, tak perlu cairan apapun. Jika terkena minyak, gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata. @Munzadi

sumber : berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here