sumber : google

POCIMEDIA.COM | Salah satu misi yang diemban Nabi Muhammad ketika diutus sebagai rasul adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Beliau sendiri memiliki akhlak mulia yang patut dijadikan panutan. Segala tindakan dan perkataan beliau merupakan contoh nyata bagi umatnya tentang bagaimana seharusnya menjalani hidup. Jadi, sudah selayaknya setiap manusia meneladani beliau dalam kehidupan sehari-hari.
Di bawah ini adalah tujuh amalan Rasulullah yang dikerjakan setiap hari dan sangat dianjurkan untuk diikuti, yaitu:

1. Shalat Tahajud
Satu-satunya shalat sunah yang perintahnya langsung disebutkan dalam al-Quran adalah shalat Tahajud.
“Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. al-Isra’: 79).
Lalu, Tahajud juga merupakan shalat sunah yang paling utama, sebagaimana sabda Rasulullah:
“Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR. an-Nasa’i).
Selain itu, shalat Tahajud masih memiliki banyak manfaat dan keutamaan, di antaranya adalah sebagai jalan meraih ridha Allah, dikabulkannya doa, dan pencegah dari berbuat dosa. Bahkan, karena banyaknya keutamaan dan manfaat shalat Tahajud, Rasulullah tidak pernah meninggalkan ibadah yang satu ini.

2. Membaca al-Quran
Al-Quran merupakan pedoman yang diturunkan Allah bagi manusia dalam menjalani kehidupan. Jika manusia mengikuti panduan al-Quran, maka hidupnya akan berada di jalan yang benar dan penuh kebaikan. Untuk itu, kita perlu membaca al-Quran, memahami maknanya, dan tentu saja harus mengamalkan ajarannya.

3. Shalat Subuh Berjamaah di Masjid
Shalat Subuh yang dikerjakan di masjid dengan berjamaah itu memiliki banyak keutamaan, salah satunya yaitu seperti shalat sepanjang malam. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah:
“Barangsiapa yang shalat Isya’ berjamaah, maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah, maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656).
Selain itu, shalat Subuh juga disaksikan oleh para malaikat. Dalam al-Quran Allah berfirman:
“Laksanakanlah shalat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula shalat) Subuh. Sungguh, shalat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. al-Isra’: 78).
Lalu, Rasulullah juga bersabda:
“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (Subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632).

4. Shalat Dhuha
Shalat Dhuha adalah shalat sunah yang dikerjakan sejak terbitnya matahari sampai menjelang waktu shalat Zuhur. Di antara keutamaan mengerjakan shalat Dhuha yaitu mendapat ampunan dari Allah, tergolong sebagai orang yang bertaubat, dicatat sebagai ahli ibadah dan orang yang taat kepada Allah, serta memperoleh kecukupan rezeki. Selain itu, orang yang mengerjakan shalat Dhuha berarti dia juga telah mengeluarkan sedekah.

5. Sedekah
Bersedekah merupakan perbuatan yang mulia dan sangat dianjurkan. Bahkan, malaikat pun mendoakan kebaikan bagi orang yang bersedekah.
Rasulullah bersabda:
“Tidaklah para hamba berada di pagi hari, melainkan pada pagi itu terdapat dua malaikat yang turun. Salah satunya berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang berinfak,’ sedang yang lain berkata, ‘Ya Allah, berikanlah kebinasaan (harta) kepada orang yang menahan (hartanya).’” (Muttafaq ‘alaih).

6. Menjaga Wudhu
Sunah selanjutnya adalah menjaga wudhu. Dengan memelihara wudhu, kita akan senantiasa dalam keadaan suci sehingga memudahkan ketika hendak melaksanakan shalat atau membaca al-Quran, serta memungkinkan kita untuk bisa meninggal dalam keadaan yang baik (husnul khatimah).
Menjaga wudhu juga bisa menjadi sebab kecintaan Allah kepada kita karena Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyucikan diri.

7. Banyak Istigfar
Memperbanyak bacaan istigfar atau ucapan astagfirullahal’azhim juga termasuk sunah harian yang dianjurkan. Dengan istigfar ini, kita memohon ampunan kepada Allah karena manusia memang tempatnya salah dan lupa. Setiap saat, sadar atau tidak, manusia bisa berbuat khilaf dan dosa. Karena itu, sangat dianjurkan untuk banyak-banyak membaca istigfar.
Selain itu, manusia lemah dan tak berdaya tanpa pertolongan Allah Yang Mahakuasa. Maka, dengan bacaan istigfar ini, manusia juga mengharapkan agar diberi jalan keluar dari setiap persoalan dan kesulitan.

Demikianlah tujuh sunah harian Rasulullah yang patut kita teladani dengan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain dalam rangka menaati Allah dan rasul-Nya, amalan-amalan tersebut juga memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa.
Selamat beraktivitas dan selamat beribadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here